Minggu, 06 Mei 2012

TEKNIK PENYUSUNAN PROPOSAL PTK

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN PROPOSAL PTK

I. IDENTIFIKASI MASALAHPENELITIAN TINDAKAN KELAS

1. Kemukakanlah masalah – masalah atau kendala - kendala yang Anda hadapi ketika melaksanakan kegiatan belajar – mengajar mata pelajaran yang diberikan kepada siswa (berkaitan dengan penggunaan media,strategi,model,lingkungan belajar,sistem penilaian,implementasi kurikulum)!

a. Guru jarang memberikan tugas pada akhir pembelajaran

b.

c…………………………………….

d……………………………………

2. Pilihlah salah satu masalah yang menuntut Anda mendesak !

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

3. Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera dicari solusinya!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Analisislah penyebab munculnya masalah yang Anda rumuskan tersebut

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Tuliskan satu alternatif pemecahan masalah untuk memecahkan masalah urgent yang yang sudah Anda pilih tersebut.(Alternatif pemecahan masalah itu haruslah bertolak dari hasil analisis dan didasarkan pada TEORI tertentu)

…………………………………………………………………………………………………………


PENULISAN PROPOSAL

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  1. Tulislah judul PTK yang Anda usulkan

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apakah judul PTK Anda telah mencantumkan hal – hal berikut

ð Tujuan/tindakan

ð Cara menyelesaikan masalah (solusi)

ð Tempat penelitian dilaksanankan (seting)

  1. Deskripsi masalah yang Anda hadapi

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apakah masalah yang Anda deskripsikan telah memuat hal – hal sebagai berikut?

ð Apakah deskripsi maslah telah disesuaikan dengan kondisi nyata tentang kendala – kendala yang Anda hadapai sewaktu melaksanakan KBM dengan menerapkan strategi pengajaran dan pembelajaran kontekstual?

ð Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu masalah yang mendesak untuk segera dilaksanakan?

ð Apakah deskripsi masalah telah memuat tentang hasil analisis masalah?

ð Apakah deskripsi maslah telah memuat tentang refleksi awal?

ð Bagaimana perumusan masalah?

  1. Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang Anda ajukan!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apakah pemecahan masalah yang Anda ajukan memenuhi rambu – rambu berikut?

ð Apakah ada alternative pemecahan masalah?

ð Apakah alternative pemecahan masalah itu didasarkan teori tertentu?

ð Apakah alternative pemecahan masalah itu bertolak dari hasil analisis?

  1. Rumuskan hasil yang diharapkan dari penelitian Anda (buatlah rumusan masalah caranya Judul buat kalimat tanya )!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apakah rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian Anda telah memuat hal – hal sebagai berikut :

ð Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi siswa?

ð Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi praktisi?


  1. Kemukakanlah rencana penelitian yang akan dilakukan !

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apakah dalam deskripsi tentang prosedur tindakan telah Anda kemukakan

Hal – hala sebagai berikut :

ð Apakah ada deskripsi tentang setting dan karakteristik subjek?

ð Apakah ada variable/factor yang diselidiki?

ð Apakah ada rtencana tindakan yang mencakup misalnya scenario pembelajaran, implementasi tindakan, observasi, dan evaluasi, analisis, dan refleksi?

ð Data dan Cara Pengumpulan Data

ð Indikator Kinerja (Kriteria Kenerhasilan)

ð Tim Peneliti

ð Lokasi penelitian

  1. Tulis langkah kegiatan (Prosedur Penelitian minimal 2 siklus)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Tulis Jadwal Penelitian

……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Daftar Pustaka

Lampiran-lampiran

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatu. Selamat Datang di Blog SRIADY FAISAL, Ingat beri komentar, Terima kasih