1.
Penilaian
menulis dapat dilakukan dengan menugasi siswa menuliskan kembali sebuah
paragraph yang dibacanya dengan kata – katanya sendiri ini menunjukkan teknik
tes yang diterapkan adalah … … ….
a.
Menulis
ringkasan
b.
Menyalin
paragraf
c.
Menjiplak
d.
Menulis
terpadu
2.
Ruly
adalah siswa kelas IV SD. Pada
pembelajaran bahasa Indonesia. Ibu Guru meminta semua siswa menyimak cerita yang disampaikan
siswa lain. Ruly menyimak dengan tekun ketika ada temannya yang sedang
menyampaikan cerita. Oleh karena itu, ia dapat menyambung cerita temannya dengan lancar. Ini menunjukkan kegiatan
pembelajaran yang diterapkan guru adalah … … ….
a.
Melanjutkan
cerita
b.
Menyelesaikan
cerita
c.
Menyimak
cerita
3.
Guru
kelas VI SD menyusun rencana pembelajaran dengan materi “Menulis laporan hasil
pengamatan”. Rumusan
tujuan pembelajaran yang tepat adalah … … ….
a.
Melalui
kegiatan membaca sebuah laporan, siswa dapat menuliskan kembali isinya dengan
kata – katanya sendiri.
b.
Siswa
dapat menulis sesuai dengan menerapkan ejan secara benar.
c.
Melalui
pengamatan lingkungan, siswa dapat menliskan hasil amatannya dengan bahsa yang
baik dan benar.
d.
Siswa
dapat menulis laporan dengan benar.
4.
Cina
merupakan salah satu Negara bulu tangkis di dunia. Negara ini pernah
mendapatkan Piala Uber dan piala Thomas. Akhir – akhir ini, prestasi para
atletnya, terutama atlet putra, agak menurun meskipun demikian, Cina tetap
Negara paling kuat dalam olahraga bulu tangkis.
Kata kunci paragraph di atas adalah … … ….
a.
Cina
dan Negara bulu tangkis
b.
Cina
dan Piala Uber
c.
Cina
dan Piala Thomas
d.
Cina
dan prestasi bulu tangkis
5.
Seorang
orator menguraikan pidatonya secara panjang lebar. Mula – mula ia
mendeskripsikan kondisi – kondisi saat ini, kemudian menganalisis sebab – sebab
yang menimbulkannya. Dengan demikian, orasi tersebut menggunakan pola uraian …
… ….
a.
Sebab
– akibat
b.
Akibat
– sebab
c.
Umum
– khusus
d.
Khusus
– umum
6.
Mayoritas
penduduk Indonesia adalah multibahasawan, yaitu menggunakan beberapa bahasa
untuk berkomunikasi. Akan tetapi, bahsa pertama sebagian besar anak Indonesia
adalah … … ….
a.
Bahasa
Indonesia dan Bahasa Jawa
b.
Bahasa
daerah dan Bahasa Jawa
c.
Bahasa
Jawa dan Bahasa local
d.
Bahasa
daerah dan Bahasa Indonesia
7.
Ibu
tini sedang mengajarkan membaca permulaan kepada siswa kelas 1 SD. Mula – mula
ia memperlihatkan sebuah gambar anak perempuan yang di bawahnya terdapat tulisa
“I – ni na – ni”. Sambil menunjuk gambar, ibu Tini berkali – kali mengatakan /
I – ni ma – ma bu – di / yang kemudian ditirukan murid – muridnya. Selanjutnya,
ia hanya menunjukkan tulisan tanpa diikuti petunjuk gambar, begitu seterusnya.
Huruf – huruf yang dikenalkan pada siswatelah dipilih Ibu Tini dengan
mempertimbangkan taraf kemudahan pengucapannya oleh siswa kelas I. huruf –
huruf yang paling awal dikenalkan kepada siswa adalah … … ….
a.
a
, i , m , n.
b.
i
, u , b , d.
c.
a
, i , b , d
d.
a
, u , m , n
8.
Seorang
guru kelas IV SD akan melakukan pembelajaran menlis narasi dengan media gambar.
Aktivitas di bawah ini juga termasuk pembelajaran menulis narasi untuk siswa
kelas tinggi, kecuali… … ….
a.
Menulis
laporan kegiatan wawancara
b.
Menulis
pengalaman bersama orang lain
c.
Menceritakan
pengalamn yang paling berkesan
d.
Melengkapi
cerita rumpang
9.
Pembelajaran
menulis permulaan dapat dilakukan dengan urutan langkah sebagai berikut ini. Pertama
– tama, dilakukan pengamatan sebuah kata yang kemudian dianalisis menjadi suku
kata dan huruf – huruf sampai siswa benar – benar mampu membaca dan menulis masing
– masing huruf. Langkah
berikutnya, dilakukan pembentukan suku kata dan kata – kata lain dengan
menggunakan huruf – huruf tersebut. Misalnya: dari kata s a – p u dianalisis
dalam suku kata sad an pu, selanjutnya dianalisis huruf – hurufnya, yaitu s, a,
p, u. setelah mampu membaca dan menulis keempat huruf tersebut, siswa dilatih
membentuk suku kata dan kata – kata lain misalnya u – sap, u – pas, a- pus, pa
– us, pu –as, su – ap, dan lain – lain. Dengan demikian, metode yang diguanakan dalam
pembelajaran menulis permulaan tersebut adalah … … ….
a.
Metode
SAS
b.
Metpde
globlal
c.
Metode
huruf
d.
Metode
kata lembaga
10. Dalam pembelajaran menulis, ibu Siti
melakukannya dengan meltih siswa memiloih dan membatasi topic, kemudian membuat
kerangka karangan. Setelah
itu, ia melatih siswa untuk mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan
sementara. Melakukan revisi isi, dan penyuntingan bahasa. Ini menunjukkan Ibu
Siti memandang pembelajaran menulis sebagai suatu … … ….
a.
Objek
b.
Subjek
c.
Proses
d.
Produk
11. Sudut pandang yang banyak digunakan
dalam cerita ada dua, yaitu sudut pandang orang pertama dan ketiga. Penggalan
cerita berikut ini menggunakan sudut pandang orang ketiga, kacuali … … ….
a.
Kata
Pak Hangru “ ambillah rencong dan ikat kepalaku. Larilah lekas pada ibumu. Sampaikan salamku dan teruskan
perjuangan !”
b.
Rara
anteng amat gelisah. Ternyata raksasa itu amat giat. Malam masih panjang,
tetapi pekerjaan raksasa itu hampir selesai. Rara berpikir mencari akal
c.
Sebelum
memancing, Rudi mencari umpan cacing terlebih dahulu. Tidak terlalu sulit
karena paman Haris sudah member tahu tempat yang banyak cacingnya. Setelah
mendapat cukup banyak cacing, Rudi melemparkan kailnya ke sungai
d.
Gajah
tak mau mengelakkan diri, kemudian gajah merasakam nyeri di kakinya, sekujur
tubuhnya gemetar dan pandangnan matanya nanar serta berkunang – kunang.
12. Perhatikan penggalan puisi berikut.
Segala menebal
Segala mengental
Segala tak terkenal
Selamat tinggal
Setelah membaca penggalan puisi Chaeril Anwar
di atas, yang relatif cepat dapat dinikmati terletak pada … … ….
a.
Diksinya
b.
Temannya
c.
Iramanya
d.
Rimanya
13. kegiatan prafrase dalam apresiasi
sastra adalah mengubah bentuk sastra. Salah satu pengubahan bentuk tersebut adalah mengubah puisi menjadi prosa.
Berikut ini merupakan langkah – langkah menyusun prafrase puisi kedalam bentuk
prosa , kecuali … … ….
a.
Menentukan
makna pada (setiap) baris puisi
b.
Menentukan
makna denotative dan konotatif
c.
Menentukan
makna structural / gramatikal
d.
Menentukan
makna utuh / keseluruhan
14. Perhatikan prnggalan cerpen berikut.
KESADARAN PUN ADA BATASNYA
Anak
– anak kelas VI SD Suka Maju sempat terheran – heran melihat sikap Deny sejak
hari pertama masuk, ia sudah dikerjain Danang yang terkenal berandalnya itu.
Pertama tas Deny disembunyikan Bondan dan Agil, komplotan si Danang. Tetapi
Deny tak marah. Kemarinpun ketika bajunya dikotori oleh Danang, ia malah
tersenyum. Ah Cuma noda
lumpur, masi bisa dibersihkan! Demikian katanya kepada teman mereka saat itu.
Tampaknya
kesabaran Deny justru membuat penasaran dan panas hati Danang serta
komplotannya. Sebaliknya teman – teman yang lain semakin simpati pada Deny
karena dia juga senang membantu temannya.
“maaf
tema – teman, aku terpaksa melakukan ini, sebelumnya aku tak mau melukai kalian
! “ kata Deny sambil
mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan dengan Danang, Bondan dan Agil
setelah semuanya berdiri.
“Den, mungkin hari akhir dari keberandalan
kami, kini kami benar – benar sadar” kata Bondan sambil menundukkan kepalanya.
“Den, kamu maukan memaafkan kami ! ” Agil berkata sambil menjabat tangan Deny.
“tentu ! syukurlah kalian mau mengubah sikap !”
Penggalan cerpen di atas memuat nilai pendidikan
yang baik, yakni nilai – nilai pada tema
a.
Kesabaran
b.
Keinsyafan
c.
Persahabatan
d.
Memaafkan
sesame
15. Apresiasi drama dapat dilakuka
secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, juga dapat dilakukan secara
reseptif maupun produktif. Kegiatan di bawah ini termasuk apresiasi drama
secara tidak langsung, kecuali … … ….
a.
Menceritakan
kembali
b.
Membaca
naskah drama
c.
Menonton
pertunjukan drama
d.
Pertunjukan
yang memakai mimik
16.
Pada
umumnya cerita rakyat berisi pesan moral, termasuk cerita “Maling Kundang”
cerita rakyat ini mengisahkan Maling Kundang yang semula sebagai nelayan
miskin. Untuk memperbaiki kehidupannya, Maling Kundang merantau dan ia sukses
menjadi pedagang yang kaya raya. Setelah menikah, ia memutuskan untuk kembali
ke kampong halamannya. Di pelabuhan, ia disambut oleh seorang wanita tua
berbaju kotor dan lusuh, yaitu ibunya. Akan tetapi ia mengusir dan mengingkari bahwa wanita itu ibunya karena malu
dengan iaterinya. Ibunya sangat marah dan mengutuk Malin Kundang, “oh Tuhan,
kalau benar ia anakku, aku sumpahi dia menjadi sebuah batu.” Tidak berapa lama
tubuh Maling Kundang perlahan menjadi kaku dan lama – kelamaan akhirnya
berbentuk menjadi sebuah batukarang. Sampai saat ini batu Maling Kundang dapat
dilihat disebuah pantai bernama pantai Air Manis, di selatan koata Padang,
Sumatera Barat.
Pesan moral dalam cerita “Maling Kundang”
adalah … … ….
a.
Anjuran
untuk berbakti kepada orang tua
b.
Anjuran
untuk patuh kepada orang tua
c.
Nasihat
untuk menghormati orang tua
d.
Nasihat
untuk tidak durhaka kepada orang tua
17. Perhatikan penggalan puisi berikut
….
Ah,apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan dipagi hari
Menuju padang bakti
……
Penggalan puisi di atas memuat pesan – pesan
senbagai berikut, keculi … … ….
a.
Orang
muda harus siap menghadapi kehidupan masa depan
b.
Menyesal
pada masa tua hanya semakin menyakitkan
c.
Orang
tua harus terus berjuang dipadang bakti
d.
Tida
ada gunanya menyesal di hari tua
18. Ada lima jenis wacana atau karangan dalam
bahasa Indonesia yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
Masing – masing jenis wacana mempunyai karakteristik dan kegunaan yang berbeda.
Perbedaan antara narasi dan deskripsi adalah sebagai berikut, kecuali … … ….
a.
Narasi
merupakan bacaan yang berisi penjelasan, sedangkan deskripsi berisi penceritaan
b.
Narasi
memuat urutan rangkaian peristiwa, sedangkan deskripsi memuat gambaran suatu
peristiwa
c.
Penulisan
narasi tidak perlu melibatkan panca indra, sedangkan penyusunan deskripsi harus melibatkan panca indra
d.
Narasi
merupakan bacaan yang berisi penceritaan, sedangkan deskripsi berisi penjelasan
19.
Ada
kalanya sebuah surat tidak sampai kepada alamat yang dituju sehingga
dikembalikan ke pengirimnya. Salah satu penyebabnya adalah kurang lengkap atau
kurang jelasnya alamat tujuan surat. Di antara penulisan alamat tujuan surat
berikut ini, yang paling lengkap dan jelas adalah … … ….
a.
Kepada
Yth. Saudaraku Ani
Di Jln. Melati RT 03, RW
01. Laweyan, Solo
b.
Kepada
Ani
Jln.
Melati 13A, Laweyan, Solo
c.
Yth.
Ani
RT 03 RW
1, Pajang. Laweyan, Solo
d.
Kepada
Yth.
Ani
Dijalan
Melati, Gang IV, Laweyan, Surakarta
20. Ada sebuah surat yang memuat komponen –
komponen dengan urutan sebagai berikut
1)
Tempat
dan tanggal Surat
2)
Alamat
dan tujuan surat
3)
Pembuka
4)
Isi
surat
5)
Penutup
6)
Tanda
tangan
7)
Namaterang
Di tinjau
dari kerangkanya, surat tersebutdapat dikategorikan sebagai surat … … ….
a.
Resmi
b.
Dinas
c.
Pribadi
d.
Dagang
21. Melakukan kerja bakti taman diawali dengan
musyawarah antar warga setempat. Untuk mencapai suasana yang harmonis diharap
anggota musyawarah menerapkan asas musyawarah , yaitu … … ….
a.
dalam
musyawarah mengutamakan voting / sura terbanyak
b.
selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat tanpa voting
c.
Musyawarah
mufakat lebih utama walaupun tanpa kuorum
d.
Dalam
musyawarah dengan rasio sehat demi persatuan dan kesatuan bangsa
22. Kewajiban setiap warga Negara yang
berusia 7-15 tahun harus mengikuti pendidikan dasar, sedangkan pemerintah
berkewajiban membiayai atau menfasilitasinya ketentuan tersebut diatur dalam …
… ….
a.
Undang
– undang
b.
Undang
– undang Dasar
c.
Peraturan
Pemerintah
d.
Keputusan
Menteri
23. Lembaga yang berwenang membuat
rancangan peraturan untuk daerah propinsi adalah … … ….
a.
Gubernur
berdasarkan masukan dari DPRD tingkat Propinsi
b.
Gubernur
dan DPRD Propinsi berdasarkan peraturan Pemerintah Pusat
c.
Gubernur
dan DPRD Propinsi berdasarkan masukan
Bupati / Walikota
d.
Gubernur
dan DPRD Propinsi
24. Diawal pembelajaran, guru memasang
skema tentang struktur Pemerintah Daerah disertai tugas – tugasnya. Penenaman
konsep tersebut lebih tepat bila disampaikan dengan cara … … ….
a.
Diskusi
kelompok dan presentasi
b.
Diskusi
kelompok dan bermain peran
c.
Tanya
jawab dan bermain peran
d.
Diskusi,
Tanya jawab, dan simulasi
25. Rumusan dasra Negara yang berbunyi
“ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk - pemeluknya”.
Kata “kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk – pemeluknya pernah
menjadi perdebatan para tokoh bangsa”. Rumusan tersebut terdapat pada … … ….
a.
Rumusan
tanggal 22 Juni 1945
b.
Rumusan
Pidato 1 Juni 1945
c.
Rumusan
Pidato 31 Mei 1945
d.
Rumusan
Pidati 29 Mei 1945
26. Dalam tujuan pembelajaran Pkn diharapkan
siswa dapat menerapkan nilai – nilai kejujuran. Dalam pelaksanaan pembelajaran
guru menanamkan kejujuran lewat contoh – contoh kejujuran. Untuk melakukan evaluasi yang sesuai
dengan tujuan dibuat pertanyaan … … ….
a.
Bagaimanakah
sikapmu jika ada dompet tertinggal di kelasmu ?
b.
Bagaimanakah
sikapmu jika ada anak yang berbohong ?
c.
Bagaimanakah
pendapatmu jika anak yang suka berbohong ?
d.
Jelaskan
apa yang kamu ketahui tentang pengertian kejujuran ?
27. Guru dalam membuat RPP mencantumkan aspek
efektif untuk menanamkan sikap nasonalisme dan instrument berupa lembar
pengamatan. Dalam kehidupan sehari – hari di sekolah, sikap nasionalisme belum
begitu terlihat. Maka
yang dilakukan guru sebelum pembelajaran adalah … … ….
a.
Mengakhiri
pelajaran dengan yel –yel merdeka
b.
Memulai
pelajaran dengan hormat bendera merah putih
c.
Setiap
awal pelajaran selalu dimulai dengan doa untuk kesejahteraan bangsa
d.
Pesan
moral pada akhir pelajaran supaya mencintai Negara Indonesia
28. Dalam indicator dinyatakan “siswa
dapat menerapkan norma yang berlaku di lingkungannya”. Pada saat pembelajaran
sudah ditanamkan tentang konsep norma dan penerapannya. Rumusan tujuan yang
sesua adalah … … …
a.
Melalui
penjelasan guru siswa dapat menerpakan norma dalam keluarga dengan baik
b.
Melalui
bermain peran, siswa dapat menjelaskan norma dalam keluarga dengan baik
c.
Melalui
bermain peran, siswa dapat menerapkan norma dalam keluarga dengan baik
d.
Melalui
diskusi, siswa dapat menerapkan norma dalam keluarga denga baik
29. Guru di sekolah selalu menempel aturan
regu kerja atau piket kelas untuk anak – anak. Setiap hari Pak Guru selalu
mengecek petugas supaya mentaati peraturan yang telah dibuatnya. Ali seorang
siswa kelas III Sekolah Dasar tidak mau membersihkan kelasnya walau hari itu ia
peket. Maka tindakan
guru adalah … … ….
a.
Mengingatkan
supaya tidak mengulangi perbuatannya
b.
Member
sanksi sesuai dengan kesepakatan bersama
c.
Member
sanksi sesuai tata tertib yang dibuat di sekolah
d.
Memanggil
orang tuanuntuk dating ke sekolah.
30. Pada umumnya prinsip kediktatoran sebagai
lawan prinsip demokrasi. Prinsip kediktatoran adalah pemusatan kekuasaan,
sedangkan Indonesia tidak menganut sistem kediktatoran tetapi prinsip demokrasi
yang ditujukan dengan .. … ….
a.
Adanya
MPR sebagai lembaga tertinggi Negara
b.
Pembagian
kekuasaan antara legislatif dan eksklusif
c.
Pemisahan
kekuasaan lembaga yudikatif dan eksekutif
d.
Presiden
sebagai lembaga penyelenggara pemerintah tertinggi.
31. Pemilu adalah saran demokrasi rakyat
Indonesia apabila UU Pemilu terdapat sebagian pasal yang bertentangan dengan
pasal 28 UUD 1945, maka lembaga yang berwenang melakukan uji materi adalah … …
….
a.
MA
b.
MK
c.
KY
d.
DPR
32. Pemekaran dari satu kelurahan menjadi dua
kelurahan atau lebih, diatur sesuai PP no. 73 tahun 2005 yaitu harus memenuhi
persyaratan tertentu. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya telah
menyelenggarakan pemerintahan selama minimal … … ….
a.
5
tahun
b.
6
tahun
c.
7
tahun
d.
8
tahun
33. Emansipasi wanita membawa dampak
positif dalam peranan wanita diduinia politik. Akhir – akhir ini UU Pemilu
member syarat pada tiap partai politik peserta Pemilu memperhatikan
keterwakilan perempuan sekurang – kurangnya … … …..
a.
20%
b.
30%
c.
40%
d.
50%
34. Siswa SD mulai kelas IV sudah
dikenalkan pemerintahan daerah agar ada pemahaman peduli lingkungan yang terkait
degnan keanggotaan legislatif. Menurut UU No. 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR,
DPRD, jumlah keanggotaan DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten / Kota … … ….
a.
DPRD
Propinsi 25-100, DPRD Kabupaten / Kota 15-50
b.
DPRD
Propinsi 35-100, DPRD Kabupaten / Kota 20-50
c.
DPRD
Propinsi 40-100. DPRD Kabupaten / Kota 25-50
d.
DPRD
Propinsi 50-100, DPRD Kabupaten / Kota 30-50
35. Dalam setiap upacara disekolah
selalu dibacakan pembukaan UUD 1945, pada alenia ke 4 terdapat tujuan Negara,
Prinsip politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Contoh dari
perwujudan politik luar negeri Indonesia yang aktif adalah … … ….
a.
Ikut
membantu perdamaian dunia
b.
Menjadi
anggota PBB
c.
Selalu
aktif memerangi terorisme
d.
Selalu
menjalin hubungan khusus kawasan Asia
36. Sejak memasuki era reformasi, ada wacana
ingin merubah pancasila sebagai dasar Negara dengan ideologi lain. Maka MPR
segera membuat ketetapan yang isinya penegasan kembali Pancasila sebagai dasar
Negara. Hal itu diatur pada … … ….
a.
TAP
MPR no. XVII/MPR/1998
b.
TAP
MPR no. III/MPR/2000
c.
TAP
MPR no. I/MPR/2003
d.
TAP
MPR no. XVII/MPR/1998
37. Pancasila sebagai ideology nasional
mempunyai 2 fungsi yaitu sebagai cita – cita dan pemersatu masyarakat. Program
pemerintah tentang PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) adalah wujud
dari ideology Pancasila khususnya sila k 5 yaitu … … ….
a.
Pemerataan
kesempatan kerja
b.
Pemersatu
masyarakat
c.
Mewujudkan
cita – cita bangsa
d.
Jaminan
hak asasi manusia
38. Perwujudan sila ke 5 Pancasila
diantaranya penyusunan UU tentang Badan penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)
hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan sila k 5 dan ketentuan
yang terdapat pada UUD 1945 khususnya pasal … … ….
a.
31
tentang pendidikan
b.
32
tentang anak – anak terlantar
c.
33
tentang perekonomian
d.
34
tentang fakir miskin
39. Bentuk Negara “kesatuan” Republik
Indonesia merupakan pilihan bagi bangsaindonesia, bukan bentk Negara serikat.
Hal yang perlu ditanamkan pada siswa SD dengan konsep NKRI adalah … … ….
a.
Pemrintah
Daerah dibawah pemerintah pusat
b.
Pemimpin
Negara adalah presiden
c.
Di
dalam Negara tidak ada Negara
d.
Negara
memili kedaualatan
40. Media televise selalu dibanjiri
dengan iklan produk luar negeri. Sebagai seorang guru PKn perlu menanamkan
sikap nasionalisme pada siswa. Salah satu bentuk menifestasi nasionalisme dalam
kehidupan sehari – hari diwujudkan dengan cara … … …..
a.
Meng
utamakan produk dalam negeri
b.
Kebanggaan
terhadap pendidikan dalam negeri
c.
Apatis
terhadap kebudayaan asing
d.
Mencintai
produk dalam negeri
41. Bu Ida akan menjelaskan konsep volume
limas di kelasnya. Media
pembelajaran yang paling tepat digunakan Bu Ida adalah … … ….
a.
Kerucut
dan tabung dengan luas dan tingginya sama
b.
Limas
segi tiga dan silinder dengan tinggi yang sama
c.
Limas
segi empat dan balok dengan tinggi yang sama
d.
Limas
dan prisma segi tiga dengan alas yang kongruen dan tingginya sama
42. Dalam suatu tes Pak Amir memberikan
soal hitung campuran sebagai berikut. Hasil dari 30 – 6 : 12 x 2 + 10 = …
Berdasrkan soal tersebut, Adi memberikan
jawaban 39, Betty memberikan jawaban 19, Candra member jawaban 14 dan Dony
member jawaban 11. Dari keempat jawaban siswa tersebut jawab yang benar adalah
jawaban dari … … ….
a.
Adi
b.
Betty
c.
Candra
d.
Dony
43. Seorang guru menjelaskan tentang
sifat komutatif dan distributif perkalian terhadap penjumlahan. Salah satu
contoh soal yang diberikan guru tersebtu adalah (183 x 94) + (450 x 56) (94 x
267). Berdasarkan penjelasan guru contoh tersebut dapat diubah menjadi … … ….
a.
94
x 50
b.
150
x 450
c.
150
x 544
d.
450
x 544
44. Pecahan berikut yang terletak
diantara
dan
adalah … … ….
a.
b.
c.
d.
45. Seorang karyawan suatu perusahaan
menggunakan
bagian gajinya untuk cadangan biaya kesehatan,
bagian untuk tabungan dan
bagian untuk biaya sekolah anak – anaknya.
Sedangkan sisanya unutk biaya hidup.
Bila gaji karyawan tersebut tiap bulannya Rp 1.500.500,00 maka berapa rupiah
yang di gunakan unutk biaya hidup… ….
a.
Rp 8875.000,00
b.
Rp
900.000,00
c.
Rp
925.000,00
d.
Rp
950.000,00
46. Pada saat mengajar matematika di kelas IV
SD. Bu Ani melakukan apersepsi dengan cara mengnulang kembali materi lawan dari
suatu bilangan. Topik yang akan
diajarkan Bu Ani adalah … … ….
a.
Penjumlahan
pada bilangan bulat
b.
Pengurangan
pada bilangan bulat
c.
Perkalian
pada pecahan
d.
Pembagian
pada pecahan
47. Jika 16 pekrja dapat menyelesaikan suatu
tugas dalam 30 hari, maka 24 pekerja dapat menyelesaikan tugas itu dalam …
hari.
a.
15
b.
20
c.
24
d.
45
48. Hasil dari 1 + 3 + 5 + … + 49 =…
a.
625
b.
650
c.
675
d.
700
49. Jumlah dua bilangan m dan n adalah 37. Jika m dibagi n menghasilkan 3 dan sisa 5,
maka nilai m dan n secara berturut –turut adalah … … ….
a.
26
dan 11
b.
28
dan 9
c.
29
dan 8
d.
30
dan 7
50. Dari pernyataan berikut ini, manakah yang
menyatakan belah ketupat … … ….
a.
Segi
empat yang sisi – sisi behadapannya sejajar dan sama panjang
b.
Segi
empat yang sepasang sudut berhadapannya sama besar dan diagonal – diagonalnya
sama panjang
c.
Segi
empat yang sudut – sudut berhadapannya sama besar dan diagonal – diagonalnya
saling berpotong di tengah – tengah
d.
Segi
empat yang sisi – sisi berhadapannya sejajar dan dua sisi berturutan sama
panjang
51. Perhatikan gambar di bawah ini.
D C
A B
Segi empat ABCD pada gambar diatas adalah jajar
genjang dengan diagonal – diagonalnya AC dan BD. Jika ukuran BDC = 45o dan ukuran BAD = 55o, maka ukuran CBD = …
a.
45o
b.
55o
c.
80o
d.
85o
52. Pak Budi menjelaskan konsep perkalian
kepada siswa kelas dau dengan peragaan sebagai berikut.
1)
Pak
Budi menggunakan gambar tiga ekor sapi
2)
Banyak
kepala satu ekor sapi ada 1, sehingga banya kepala tiga ekor sapi adalah 3 x 1
3)
Banyak
telinga satu ekor sapi ada 2, sehingga banyak telinga tiga ekor sapi adalah 3 x
2
4)
Banyak
kaki satu ekor sapi ada 4, sehingga banya kaki tiga ekor sapi adalah 3 x 4
Peragaan yang dilakukan oleh Pak Budi dalam
pembelajaran matematika termasuk dalam tahapan
a.
Konkrit
b.
Semikonkrit
c.
Abstrak
d.
Simbolik
53. Pak Ahmad akan mengajarkan materi
penjumlahan bilangan bulat yang salah satu atau kedua sukunya negative. Media pembelajaran yang tepat
digunakan Pak Ahmad adalah … … ….
a.
Kartu
domino
b.
Dakon
bilangan
c.
Manic
– manic atau muatan
54. Ketika mengajar dikelas, Bu Aminah
melakukan peragaan sebagai berikut.
1)
Menyediakan
enam buah persegi panjang yang kongruen
2)
Memotong
setiap persegi panjang tersebut menjadi tiga bagian yang sama besar (kongruen)
3)
Menggabungkan
setiap dua buah sepertigaaan menjadi sebuah duapertigaan
4)
Meminta
siswa untuk menghitung banyaknya dua pertigaan yang terbentuk
Berdasarkan peragaan di atas, Bu Aminah akan
mengajarkan bentuk operasi hitung …
a.
6
:
= 9
b.
9
:
= 27
c.
9
:
=
d.
9
x
= 6
55. Menurut Bruner, salah satu prinsip yang
digunakan dalam pembelajaran matematika adalah prinsip kekontrasan. Contoh
prinsip kekontrasan yaitu … … ….
a.
Pada
saat mengajar segitiga, guru memberikan contoh – contoh segi tiga dengan
berbagai ukuran
b.
Pada
saat mengajar Faktor Persekutuan Terbesar (FPB), guru menggunakan metode
pemfaktoran dan metode faktorisasi bilangan prima
c.
Pada
saat mengajar perkalian, guru menggunakan konsep penjumlahan berulang
d.
Pada
saat mengajar bilangan prima, guru memberikan contoh – contoh bilangan yang
meupakan prima dan bukan bilangan prima.
56. Dika naik sepeda dari Yogya ke Solo yang
berjarak 65km dengan kecepatan rata – rata 30 km/jm. Sedangkan Eka, bersepeda
dari kota yang sama dengan kecepatan 25 km/jm. Mereka berangkat pada waktu yang sama dan setelah
menempuh perjalanan selama 2 jm, Dita beristirahat sambil menuggu Eka. Waktu yang diperlukan Dita menuggu Eka
adalah … … ….
a.
5
menit
b.
10
menit
c.
20
menit
d.
24
menit
57. Perhatikan gambar di bawah ini.
D C
A B
Segi empat ABCD pada gambar diatas
adalah persegi panjang dengan AB =16 cm dan BC = 12 cm. luas daerah yang di
arsir adalah … sm2
a.
24
b.
48
c.
96
d.
192
58. Dala silabus IPA SD tertulis SK
memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara
menggunakan benda bedasarkan sifatnya. Dalam RPP gur merumuskan indikator
“mengidentifikasi sifat benda padat , cair dan gas”. Tujuan pembelajaran yang sesuai
adalah … … ….
a.
Setelah
melakukan pengamatan dan percobaan, siswa dapat menerangkan benda padat, cair
dan gas dengan benar.
b.
Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menjelaskan sifat benda padat,
cair dan gas
c.
Setelah
melakukan pengamatan dan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi sifat sifat
benda padat, cair dan gas
d.
Setelah
melakukan pengamatan dan percobaan, siswa dapat mendemonstrasikan sifat benda
padat, cair dan gas
59. Ibu Ati melaksanakan pembelajaran IPA dengan
materi pokok cirri – cirri hewan vertebrata. Setelah melakukan apersepsi, Bu
Ati memulai kegiatan ini dengan menjelaskan materi tersebut sesekali member
kesempatan kepada siswa untk bertanya atau berpendapat. Pembelajaran tersebut
terkesan siswa kurang aktif. Kelemahan yang dilakukan guru dalam pembelajaran
tersebut adalah … … ….
a.
Tidak
menggunakan dan mengembangkan keterampilan proses
b.
Tidak
melakukan perencanaan dan penguasaan bahan dengan baik
c.
Tidak
menyiapkan dan menggunakan multi media yag sesuai dengan materi
d.
Kurang
memperhatika dan mendorong aktivitas siswa – siswanya
60. Ketika pembelajaran materi tentang
kemagnetan. Guru kelas IV membagi siswa yang berjumlah 36 orang ke dalam 6
kelompok. Masing – masing kelompok melakukan percobaan yang sama. Pernyataan
yang sesua dengan kegiatan pembelajaran merupakan penggabungan antara … … ….
a.
Metode
eksperimen dan model kooperatif
b.
Metode
demonstrasi dan model kontekstual
c.
Metode
eksperimen dan model problem based learning
d.
Metode
demonstrasi dan model kooperatif
61. Sebagai seorang guru yang
professional, ibu Suti akan melakukan penilaian pada siswa yang sedang
melakukan proses pembelajaran IPA tersebut, Bu Siti harus menggunakan assesmen
yang sesuai. Hubungan yang benar adalah … … ….
a.
Soal
test untuk menilai kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.
b.
Skala
sikap digunakan afektif dan kognitif, sedangkan soal test kerja untuk menilai
psikomotor.
c.
Pengamatan
unjuk kerja digunakan untuk menilai afektif, sedangkan test uraian digunakan
untuk psikomotor dan kognitif
d.
Skala
sikap untuk menilai kemampuan afektif, pengamatan unjuk kerja untuk menilai
psikomotor
62. Laju fotosintesis dipengaruhi oleh faktor
luar dan dalam. Faktor dibwah ini yang tidak mempengaruhi laju fotosintesis
adalah … … ….
a.
Kelembaban
udara
b.
Ketersediaan
air dan karbondioksida
c.
Kecepatan
transpirasi
d.
Intensitas
cahaya matahari
63. Dalam sebuah kegiatan praktik IPA mengadakan pengukuran
terhadap besaran – besaran listrik. Berikut adalah nama alat ukur dan besaran
yang diukur … … ….
a.
Ohmmeter
– hambatan listrik
b.
Amperemeter
– potensial listrik
c.
Voltmeter
– kuat arus listrik
d.
Galvanometer
– daya
64. Sifat suatu benda dapat berubah
karena berbagai faktor. Dari berbagai faktor yang dapat mengubah sifat benda
adalah … … …
a.
Pemanasan,
pendinginan dan pengasapan
b.
Pemanasan,
pembakaran dan berada dalam udara terbuka
c.
Pemanasan,
pembakaran dan pengasapan
d.
Pemanasan,
berada dalam udara terbuka dan pendinginan
65.
Perhatikan gambar
berikut
Sebuah pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi
air , maka pensil tersebut terlihat patah. Hal ini menunjukkan peristiwa … … ….
a.
Pembiasan,
cahaya dating dari zat yang rapat menuju zat yang kurang rapat
b.
Pemantulan,
cahaya memantul oleh permukaan air
c.
Pembiasan,
cahaya dating dari zat yang kurang rapat menuju zat yang rapat
d.
Pembiasan,
cahaya datna dari air menuju udara.
66. Sebuah lampu yang menyala dalam
rumah memiliki tegangan (V) sebesar 50 Volt dengan hambatan (R) 20 Ohm. Kuat
arus yang diperlukan adalah … … ….
a.
0,5
Ampere
b.
2
Ampere
c.
1200
Ampere
d.
1
Ampere
67. Perhatikan gambar dibawah ini.
Terdapat empat gaya yang terjadi pada kegiatan yang dilakukan Ibu Ina yaitu … …
….
a.
Gaya
tarik, gaya angkat, gaya gravitasi, gaya gesek
b.
Gaya
tarik, gaya berat, gaya gravitasi, gaya gesek
c.
Gaya
tarrik, gaya angkat, gaya gravitasi, gaya dorong
d.
Gaya
putar, gaya tarik, gaya gravitasi, gaya gesek
68. Sebuah drum berisi minyak
bagian. Kemudian, dari drum itu diambil minyak
sebanyak 15 liter, ternyata isi drum itu tinggal
bagian. Agar isi drum ittttu menjadi penuh,
maka drum itu harus dituang minyak sebanyak …. …. Liter
a.
22,5
b.
24
c.
36
d.
48
69.
10 %
15
% 0 %
10%
|
Tenis
meja
Bola
Voli
Sepak
bola
Renang
Pencak
silat
Banyaknya siswa yang genar olahraga
di suatu sekolah d tunjukkan oleh diagram lingkaran di atas. Diketahui jumlah
siswa yang gemar tenis meja dan pencak silat sebanyak 28 anak. Banyaknya siswa
yang gemar bola voli sebanyak … anak
a.
14
b.
21
c.
35
d.
56
70. Nilai matematika siswa ditentukan dari
rata –rata 4 kali ulangan matematika yang diberikan gurunya. Berdasarkan 3 kali
ulangan sebelumnya, nilai rata – rata yang diperoleh Ani sama dengan 5,5. Agar
mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) kelas tersebut yaitu 6,0 nilai
Ani pada ulangan ke-4 paling sedikit adalah … …
a.
6,5
b.
7
c.
7,5
d.
8
71. Untuk tumbuh dan perkembangan,
tumbuhan memerlukan berbagai nutrisi yang diperoleh dari hasil asimilasi dan
transportasi. Hasil asimilasi dan transportasi dilakukan oleh pembuluh angkut
yang berbeda yaitu … … ….
a.
Pembuluh
kayu dan pembuluh palisade
b.
Pembuluh
kayu dan pembuluh tapis
c.
Pembuluh
kayu dan pembuluh stele
d.
Pembuluh
tapis dan pembuluh stele
72. Kondisi lingkungan sangat
berpengaruh terhadap hidup manusia. Untuk itumanusia harus mengupayakan kondisi lingkungan baik. Salah satu
usaha untuk mengondisikan lengkungan menjadi bermanfaat dan mengurangi resiko
lingkungan adalah … … ….
a.
Usaha
pemerintah dalam memanfaatkan kawasan industry di daerah pinggiran kota
b.
Menata
kawasan pertanian dengan tumbuhan sejenis
c.
Bercocok
tanam dengan sistem
d.
Penganekaragaman
cara bercocok tanam
73. Berikut adalah macam – macam
gangguan pencemaran : 1. Apendiktis,
2. Diare, 3. Konstipasi, 4. Maag, 5. Kolik, 6. Parotitis. Yang termasuk
gangguan pencernaan yang disebabkan karena bakteri dan virus adalah … … …
a.
1,
2, 3,
b.
1,
4, 6,
c.
1,
2, 6
d.
1,
3, 5.
74. Tuberculosis adalah penyakit yang
menyerang alveolus yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bacterium tuberculosis.
Bakteri tersebut menghambat proses difusi oksigen dengan karbindioksida. Untuk
mencegah penyakit ini dapat di imunisasi dengan vaksin . . . .
a.
BCG
b.
TBC
c.
DDT
d.
MMR
75. Berdasarkan tingkat perkembangan lapisan
tubuhnya, invertebrata dibedakan menjadi diploblastik dan triploblastik. Yang termasuk dalam hewan
invertebrate yang memiliki 2 lapisan tubuh (diploblastik) adalah . . . .
a.
Molusca
dan Porifera
b.
Platyhelmintes
dan Coelenterata
c.
Porifera
dan Coelenterata
d.
Anelida
dan Protozoa
76. Perhatikan gambar berikut.
LOGAM
I
|
LOGAM II
|
Dua buah logam berbeda jenisnya
dilekatkan dengan erat. Koefisien
muai panjang logam I lebih kecil daripada koefisien muai panjang logam II. Jika kedua logam
tersebutdidinginkan. Prediksi perubahan yang terjadi adalah … … ….
a.
Logam
I dan logam II melengkung ke atas
b.
Logam
I akan lebih pendek dibanding logam II
c.
Logam
I dan logam II melengkung kebawah
d.
Logam
II akan lebih pendek disbanding logam I
77. Berapa kalor yang dilepaskan oleh 10
kg minyak tanah jika suhunya turun dari 800 C menjadi 400C
bila kalor jenis minyak tanah 2200 J kg-1C-1 ?
a.
- 880.000 joule
b.
-
88.000 joule
c.
88.000
joule
d.
880.000
joules
78. Delapan planet yang ada dalam
galaksi bima sakti dapat dibedakan menjadi planet Jovian dan Terstrial. Planet
yang termasuk kedalam kelompok planet Jovian adalah … ...
a.
Jupiter,
Uranus, Neptunus
b.
Markurius,
Bumi, Mars, Yupiter
c.
Markurius,
Venus, Bumi
d.
Mars,
Bumi, Uranus
79. Ada empat teori yang menjelaskan tentang
terjadinya tata surya. Salah satu diantaranya menjelaskan bahwa pada dasarnya
tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu. Dasar pemikiran itu
didukung dengan banyaknya gumpan awan. Lebih dari milyar tahun yang lalu, salah
satu gumpalan awan tersebut mengalami pemampatan. Teori tersebut dikenal dengan teori … … ….
a.
Bintang
Kembar
b.
Nebular
c.
Proto
Planet
d.
Planetesimal
80. Menurut komposisi dari jenis materialnya
bumi dapat dibagi menjadi beberapa lapisan … … ….
a.
Atmosfer,
Litosfer, Hidrosfer
b.
Luar
Tengah, Inti
c.
Atmosfer,
Kulit, Inti
d.
Kerak
bumi, Mantel bumi, Inti bumi
81. Manusia menciptakan sebuah alat yang dapat
digunakan untuk mengolah tanah dan menggali tambang yang ada di bumi. Hal ini
berarti manusia dapat memanfaatkan lingkungan alam dengan tujuan untuk … … ….
a.
Mengembangkan
alam semesta
b.
Meningkatkan
lingkungan alam
c.
Menunjukkan
bahwa manusia mampu menguasai alam
d.
Meningkatkan
kesejahteraan hidup manusia
82. Suatu daerah yang memiliki kondisi
fisik, dataran rendah, tanahnya subur, musim kemarau kering. Jika dikaitkan dengan keadaan iklim, maka
para petani daerah tersebut perlu memperhatikan … … ….
a.
Perubahan
pola tanam
b.
Ragam
tanaman
c.
Pengembangan
jenis tanaman
d.
Awal
musim tanam
83. Di Laut Merah terdapat banyak kadar
garamnya, sedangkan di laut yang lain tidak. Perbedaan banyak sedikitnya garam
laut ditentukan oleh … … ….
a.
Banyak
sedikitnya penguapan dan penambahan air
b.
Banyak
sedikitnya jumlah sinar matahari yang diterima oleh laut
c.
Kedalaman
dan gelombang laut
d.
Kedudukan
matahari dan kedalaman laut
84. Masalah – masalah social diawali
adanya gejala – gejala yang memicu terjadinya masalah. Contoh gejala social
yang menggambarkan adanya hubungan antara norma dengan keteraturan sosial
adalah … … ….
a.
Larangan
berhenti di jalan raya menciptakan kelancaran lalu lintas
b.
Rajin
bekerja meningkatkan tingkat ekonomi
c.
Semakin
tinggi ilmu pengetahuan semakin luas pandangannya
d.
Kedisiplinan
dalam belajar memperkuat kepribadian suka kerja keras
85. Pada era globalisasi Indonesia mempunyai
peranan yang sangat penting yaitu memajukan perdamaian dan stabilitas keamanan
di Asia Tenggara. Tujuan
di atas merupakan tujuan dari organisasi internasional yaitu … … ….
a.
UNESCO
b.
APEC
c.
ASEAN
d.
PBB
86. Proklamasi kemerdekaan indonesia pada
tanggal 17 Agustus 1945 dan pada tahun 1997 terjadi peristiwa reformasi di
Indonesia. Pernyataan
di atas termasuk … … ….
a.
Teori
b.
Prinsip
c.
Konsep
d.
Generalisasi
87. Generalisasi adalah keterkaitan antara
beberapa konsep yang mempunyai arti dan telah teruji kebenarannya. Contoh generalisasi dalam IPS pada
konsep geografi adalah … ….
a.
Took
serba ada menjual segala jenis makanan yang dibutuhkan konsumen
b.
Sumber
Daya Alam (SDA) yang tidak dimanfaatkan, tidak memiliki makna bagi kehidupan
manusia
c.
Di
Negara – Negara kapitalis, pasar merupakan pengatur penawaran dan permintaan
d.
Pabila
terjadi penebangan hutan secara liar, akan mengakibatkan tanh longsor
88. Kenampakan alam yang ada diberbagai daerah
berbeda. Kenampakan alam itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain
disebabkan oleh tenaga … … ….
a.
Endogen
dan Vulkanik
b.
Vulkanik
dan tektonik
c.
Tektonik
dan endogen
d.
Endogen
dan eksogen
89. Pak Ahmad tinggal didaerah pantai
yang mata pencahariannya adalah nelayan. Pak Budi tinggalnya di daerah tinggi
yang mata pencahariannya adalah petani sayur. Pak Agus tinggal di dataran
rendah yang mata pencahariannya adalah petani. Kesemuanya itu dapat dikatakan
bahwa manusia hidup dalam memenuhi kebutuhannya sesuai dengan … … ….
a.
Keadaan
lingkungan alamnya
b.
Lingkungan
masyarakat
c.
Keterampilan
yang dimilikinya
d.
Modal
yang digunakannya
90. Dalam suatu keluarga ada anggota
keluarga yang selalu menyetrika baju yang akan dipakai setiap hari dan ada juga
yang menyetrika setiap satu minggu sekali. Berdasarkan dua kegiatan itu,
tindakan yang dapat menghemat Sumber Daya Alam adalah … … ….
a.
Menyetrika
sesuai dengan kebutuhan
b.
Setiap
hari mennyetrika karena hanya sebentar
c.
Menggunakan
listrik secararutin
d.
Menyetrika
satu minggu sekali
91. Setiap hari bu Siti akan mengajar IPS
dengan menggunakan media pembelajaran IPS. Oleh karena itu, bu Siti harus
memahami prinsip – prinsip penggunaan media. Salah satu prinsip tersebut adalah … … ….
a.
Manfaat
media
b.
Kemampuan
mengoprasikan media
c.
Tujuan
yang akan dicapai
d.
Dapat
menambahkan kepekaan sosial
92. Pak Amin, guru kelas IV SD, ingin
menyampaikan materi tentang kenampakan alam propinsi setempat. Media yang tepat untuk digunakan
dalam pembelajaran tersebut adalah peta … … ….
a.
Indonesia
b.
Globe
c.
Propinsi
d.
Kabupaten/kota
93. Di dalam melakukan penilaian
pembelajaran IPS guru harus adil, terncana, berkesinambungan, menggunakan
bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan menggunakan criteria yang jelas. Hal
tersebut merupakan prinsip … … ….
a.
Validitas
b.
Reliabilitas
c.
Objektivitas
d.
Mendidik
94. Pak Budi guru kelas IV SD, akan
mengajar IPS tentang masalah – masalah yang ada di lingkungan setempat dengan
model pembelajaran kooperati. Pak Budi ingin menilai bagaimana siswa
menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat temannya dalam diskusi tersebut.
Penilaian yang dilakukan pak Budi adalah penlaian … … ….
a.
Produk
belajar
b.
Hasil
belajar
c.
Proses
belajar
d.
Prestasi
belajar
95. Setelah proses pembelajaran tentang
pasar, seorang guru melakukan penilaian untuk mengetahui apakah peserta didik
sudah mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan atau belum. Tes yang
dilakukan guru tersebut adalah tes … … ….
a.
Subyektif
b.
Formatif
c.
Sumatif
d.
Diagnostic
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
maaf, mas punya kunci jawaban atau jawaban menurut perkiraan sendiri ada gak?
BalasHapus