Sabtu, 08 Desember 2018

PROGRAM AKAR BAHAN BONSAI DENGAN METODE CANGKOK SUSU

Untuk menyiasati bahan bonsai yang kurang proporsional terutama pada bagian akar, maka dapat dilakukan dengan metode cangkok susu agar membentuk karakter akar dan batang. Hal ini sesuai dengan pendapat Endang Rhiver Poenix Priana, salah seorang anggota grup FB Cara Membuat Bonsai dari Nol (CMBN).
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Pilih bahan bonsai yang kurang proporsional perakarannya kemudian cangkok susu dengan bahan sejenis yang sudah berakar, selanjutnya tempelkan keliling pada batang utama. Sebelum ditempel, batang utama dan bahan tempelan dikupas terlebih dahulu kulitnya untuk memudahkan proses penyatuan. selanjutnya ikat dengan tali plastik, lalu simpan di tempat teduh.  
  2. Dalam kurun waktu sekitar 3 atau 4 bulan, Periksa kembali proses penyatuannya,  dan apabila telah menyatu, maka media bisa dilepas dari pohon tempelan.
  3. Tahap berikutnya periksa akar batang utama,  repotting akar atau seleksi sebagian akar yang kurang bagus. Potong akar tunggang batang utama agar tampilannya selaras dengan hasil tempel susu.
  4. Setelah dirasa cukup,  selanjutnya proses penyuburan/grounding sekitar 2-4 tahun.
Langkah-langkah tersebut di atas, dapat diamati pada gambar berikut:





Demikian artikel  program akar  bahan bonsai dengan teknik cangkok susu, semoga bermanfaat. 

Penulis: Sriady Faisal, S. Pd
Narasumber: Endang River Phoenix Priana

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatu. Selamat Datang di Blog SRIADY FAISAL, Ingat beri komentar, Terima kasih