Rabu, 19 Juni 2013

SOAL UKG 2012

1.      Penilaian menulis dapat dilakukan dengan menugasi siswa menuliskan kembali sebuah paragraph yang dibacanya dengan kata – katanya sendiri ini menunjukkan teknik tes yang diterapkan adalah … … ….
a.       Menulis ringkasan
b.      Menyalin paragraf
c.       Menjiplak
d.      Menulis terpadu
2.      Ruly adalah siswa kelas IV SD. Pada pembelajaran bahasa Indonesia. Ibu Guru meminta semua siswa menyimak cerita yang disampaikan siswa lain. Ruly menyimak dengan tekun ketika ada temannya yang sedang menyampaikan cerita. Oleh karena itu, ia dapat menyambung  cerita temannya dengan lancar. Ini menunjukkan kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru adalah … … ….
a.       Melanjutkan cerita
b.      Menyelesaikan cerita
c.       Menyimak cerita
d.      Menyambung cerita
3.      Guru kelas VI SD menyusun rencana pembelajaran dengan materi “Menulis laporan hasil pengamatan”. Rumusan tujuan pembelajaran yang tepat adalah … … ….
a.       Melalui kegiatan membaca sebuah laporan, siswa dapat menuliskan kembali isinya dengan kata – katanya sendiri.
b.      Siswa dapat menulis sesuai dengan menerapkan ejan secara benar.
c.       Melalui pengamatan lingkungan, siswa dapat menliskan hasil amatannya dengan bahsa yang baik dan benar.
d.      Siswa dapat menulis laporan dengan benar.
4.      Cina merupakan salah satu Negara bulu tangkis di dunia. Negara ini pernah mendapatkan Piala Uber dan piala Thomas. Akhir – akhir ini, prestasi para atletnya, terutama atlet putra, agak menurun meskipun demikian, Cina tetap Negara paling kuat dalam olahraga bulu tangkis.
Kata kunci paragraph di atas adalah … … ….
a.       Cina dan Negara bulu tangkis
b.      Cina dan Piala Uber
c.       Cina dan Piala Thomas
d.      Cina dan prestasi bulu tangkis
5.      Seorang orator menguraikan pidatonya secara panjang lebar. Mula – mula ia mendeskripsikan kondisi – kondisi saat ini, kemudian menganalisis sebab – sebab yang menimbulkannya. Dengan demikian, orasi tersebut menggunakan pola uraian … … ….
a.       Sebab – akibat
b.      Akibat – sebab
c.       Umum – khusus
d.      Khusus – umum

6.      Mayoritas penduduk Indonesia adalah multibahasawan, yaitu menggunakan beberapa bahasa untuk berkomunikasi. Akan tetapi, bahsa pertama sebagian besar anak Indonesia adalah … … ….
a.       Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa
b.      Bahasa daerah dan Bahasa Jawa
c.       Bahasa Jawa dan Bahasa local
d.      Bahasa daerah dan Bahasa Indonesia
7.      Ibu tini sedang mengajarkan membaca permulaan kepada siswa kelas 1 SD. Mula – mula ia memperlihatkan sebuah gambar anak perempuan yang di bawahnya terdapat tulisa “I – ni na – ni”. Sambil menunjuk gambar, ibu Tini berkali – kali mengatakan / I – ni ma – ma bu – di / yang kemudian ditirukan murid – muridnya. Selanjutnya, ia hanya menunjukkan tulisan tanpa diikuti petunjuk gambar, begitu seterusnya. Huruf – huruf yang dikenalkan pada siswatelah dipilih Ibu Tini dengan mempertimbangkan taraf kemudahan pengucapannya oleh siswa kelas I. huruf – huruf yang paling awal dikenalkan kepada siswa adalah … … ….
a.       a , i , m , n.
b.      i , u , b , d.
c.       a , i , b , d
d.      a , u , m , n
8.      Seorang guru kelas IV SD akan melakukan pembelajaran menlis narasi dengan media gambar. Aktivitas di bawah ini juga termasuk pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas tinggi, kecuali… … ….
a.       Menulis laporan kegiatan wawancara
b.      Menulis pengalaman bersama orang lain
c.       Menceritakan pengalamn yang paling berkesan
d.      Melengkapi cerita rumpang
9.      Pembelajaran menulis permulaan dapat dilakukan dengan urutan langkah sebagai berikut ini. Pertama – tama, dilakukan pengamatan sebuah kata yang kemudian dianalisis menjadi suku kata dan huruf – huruf sampai siswa benar – benar mampu membaca dan menulis masing – masing huruf. Langkah berikutnya, dilakukan pembentukan suku kata dan kata – kata lain dengan menggunakan huruf – huruf tersebut. Misalnya: dari kata s a – p u dianalisis dalam suku kata sad an pu, selanjutnya dianalisis huruf – hurufnya, yaitu s, a, p, u. setelah mampu membaca dan menulis keempat huruf tersebut, siswa dilatih membentuk suku kata dan kata – kata lain misalnya u – sap, u – pas, a- pus, pa – us, pu –as, su – ap, dan lain – lain. Dengan demikian, metode yang diguanakan dalam pembelajaran menulis permulaan tersebut adalah … … ….
a.       Metode SAS
b.      Metpde globlal
c.       Metode huruf
d.      Metode kata lembaga


10.  Dalam pembelajaran menulis, ibu Siti melakukannya dengan meltih siswa memiloih dan membatasi topic, kemudian membuat kerangka karangan. Setelah itu, ia melatih siswa untuk mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan sementara. Melakukan revisi isi, dan penyuntingan bahasa. Ini menunjukkan Ibu Siti memandang pembelajaran menulis sebagai suatu … … ….
a.       Objek
b.      Subjek
c.       Proses
d.      Produk
11.  Sudut pandang yang banyak digunakan dalam cerita ada dua, yaitu sudut pandang orang pertama dan ketiga. Penggalan cerita berikut ini menggunakan sudut pandang orang ketiga, kacuali … … ….
a.       Kata Pak Hangru “ ambillah rencong dan ikat kepalaku. Larilah lekas pada ibumu. Sampaikan salamku dan teruskan perjuangan !”
b.      Rara anteng amat gelisah. Ternyata raksasa itu amat giat. Malam masih panjang, tetapi pekerjaan raksasa itu hampir selesai. Rara berpikir mencari akal
c.       Sebelum memancing, Rudi mencari umpan cacing terlebih dahulu. Tidak terlalu sulit karena paman Haris sudah member tahu tempat yang banyak cacingnya. Setelah mendapat cukup banyak cacing, Rudi melemparkan kailnya ke sungai
d.      Gajah tak mau mengelakkan diri, kemudian gajah merasakam nyeri di kakinya, sekujur tubuhnya gemetar dan pandangnan matanya nanar serta berkunang – kunang.
12.  Perhatikan penggalan puisi berikut.
Segala menebal
Segala mengental
Segala tak terkenal
Selamat tinggal
Setelah membaca penggalan puisi Chaeril Anwar di atas, yang relatif cepat dapat dinikmati terletak pada … … ….
a.       Diksinya
b.      Temannya
c.       Iramanya
d.      Rimanya
13.  kegiatan prafrase dalam apresiasi sastra adalah mengubah bentuk sastra. Salah satu pengubahan bentuk tersebut adalah mengubah puisi menjadi prosa. Berikut ini merupakan langkah – langkah menyusun prafrase puisi kedalam bentuk prosa ,  kecuali … … ….
a.       Menentukan makna pada (setiap) baris puisi
b.      Menentukan makna denotative dan konotatif
c.       Menentukan makna structural / gramatikal
d.      Menentukan makna utuh / keseluruhan



14.  Perhatikan prnggalan cerpen berikut.
KESADARAN PUN ADA BATASNYA
            Anak – anak kelas VI SD Suka Maju sempat terheran – heran melihat sikap Deny sejak hari pertama masuk, ia sudah dikerjain Danang yang terkenal berandalnya itu. Pertama tas Deny disembunyikan Bondan dan Agil, komplotan si Danang. Tetapi Deny tak marah. Kemarinpun ketika bajunya dikotori oleh Danang, ia malah tersenyum. Ah Cuma noda lumpur, masi bisa dibersihkan! Demikian katanya kepada teman mereka saat itu.
            Tampaknya kesabaran Deny justru membuat penasaran dan panas hati Danang serta komplotannya. Sebaliknya teman – teman yang lain semakin simpati pada Deny karena dia juga senang membantu temannya.
            “maaf tema – teman, aku terpaksa melakukan ini, sebelumnya aku tak mau melukai kalian ! “ kata Deny sambil mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan dengan Danang, Bondan dan Agil setelah semuanya berdiri.
            “Den, mungkin hari akhir dari keberandalan kami, kini kami benar – benar sadar” kata Bondan sambil menundukkan kepalanya. “Den, kamu maukan memaafkan kami ! ” Agil berkata sambil menjabat tangan Deny. “tentu ! syukurlah kalian mau mengubah sikap !”
Penggalan cerpen di atas memuat nilai pendidikan yang baik, yakni nilai – nilai pada tema
a.       Kesabaran
b.      Keinsyafan
c.       Persahabatan
d.      Memaafkan sesame
15.  Apresiasi drama dapat dilakuka secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, juga dapat dilakukan secara reseptif maupun produktif. Kegiatan di bawah ini termasuk apresiasi drama secara tidak langsung, kecuali … … ….
a.       Menceritakan kembali
b.      Membaca naskah drama
c.       Menonton pertunjukan drama
d.      Pertunjukan yang memakai mimik
16.  Pada umumnya cerita rakyat berisi pesan moral, termasuk cerita “Maling Kundang” cerita rakyat ini mengisahkan Maling Kundang yang semula sebagai nelayan miskin. Untuk memperbaiki kehidupannya, Maling Kundang merantau dan ia sukses menjadi pedagang yang kaya raya. Setelah menikah, ia memutuskan untuk kembali ke kampong halamannya. Di pelabuhan, ia disambut oleh seorang wanita tua berbaju kotor dan lusuh, yaitu ibunya. Akan tetapi ia mengusir dan mengingkari bahwa wanita itu ibunya karena malu dengan iaterinya. Ibunya sangat marah dan mengutuk Malin Kundang, “oh Tuhan, kalau benar ia anakku, aku sumpahi dia menjadi sebuah batu.” Tidak berapa lama tubuh Maling Kundang perlahan menjadi kaku dan lama – kelamaan akhirnya berbentuk menjadi sebuah batukarang. Sampai saat ini batu Maling Kundang dapat dilihat disebuah pantai bernama pantai Air Manis, di selatan koata Padang, Sumatera Barat.





Pesan moral dalam cerita “Maling Kundang” adalah … … ….
a.       Anjuran untuk berbakti kepada orang tua
b.      Anjuran untuk patuh kepada orang tua
c.       Nasihat untuk menghormati orang tua
d.      Nasihat untuk tidak durhaka kepada orang tua
17.  Perhatikan penggalan puisi berikut
….
Ah,apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan dipagi hari
Menuju padang bakti
……
Penggalan puisi di atas memuat pesan – pesan senbagai berikut, keculi … … ….
a.       Orang muda harus siap menghadapi kehidupan masa depan
b.      Menyesal pada masa tua hanya semakin menyakitkan
c.       Orang tua harus terus berjuang dipadang bakti
d.      Tida ada gunanya menyesal di hari tua
18.  Ada lima jenis wacana atau karangan dalam bahasa Indonesia yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Masing – masing jenis wacana mempunyai karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Perbedaan antara narasi dan deskripsi adalah sebagai berikut, kecuali … … ….
a.       Narasi merupakan bacaan yang berisi penjelasan, sedangkan deskripsi berisi penceritaan
b.      Narasi memuat urutan rangkaian peristiwa, sedangkan deskripsi memuat gambaran suatu peristiwa
c.       Penulisan narasi tidak perlu melibatkan panca indra, sedangkan penyusunan deskripsi  harus melibatkan panca indra
d.      Narasi merupakan bacaan yang berisi penceritaan, sedangkan deskripsi berisi penjelasan

19.  Ada kalanya sebuah surat tidak sampai kepada alamat yang dituju sehingga dikembalikan ke pengirimnya. Salah satu penyebabnya adalah kurang lengkap atau kurang jelasnya alamat tujuan surat. Di antara penulisan alamat tujuan surat berikut ini, yang paling lengkap dan jelas adalah … … ….
a.       Kepada
Yth. Saudaraku Ani
Di Jln. Melati RT 03, RW 01. Laweyan, Solo
b.      Kepada
Ani
Jln. Melati 13A, Laweyan, Solo




c.       Yth. Ani
RT 03 RW 1, Pajang. Laweyan, Solo
d.      Kepada Yth.
Ani
Dijalan Melati, Gang IV, Laweyan, Surakarta
20.  Ada sebuah surat yang memuat komponen – komponen dengan urutan sebagai berikut
1)      Tempat dan tanggal Surat
2)      Alamat dan tujuan surat
3)      Pembuka
4)      Isi surat
5)      Penutup
6)      Tanda tangan
7)      Namaterang
Di tinjau dari kerangkanya, surat tersebutdapat dikategorikan sebagai surat … … ….
a.       Resmi
b.      Dinas
c.       Pribadi
d.      Dagang
21.  Melakukan kerja bakti taman diawali dengan musyawarah antar warga setempat. Untuk mencapai suasana yang harmonis diharap anggota musyawarah menerapkan asas musyawarah , yaitu … … ….
a.       dalam musyawarah mengutamakan voting / sura terbanyak
b.       selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat tanpa voting
c.       Musyawarah mufakat lebih utama walaupun tanpa kuorum
d.      Dalam musyawarah dengan rasio sehat demi persatuan dan kesatuan bangsa
22.  Kewajiban setiap warga Negara yang berusia 7-15 tahun harus mengikuti pendidikan dasar, sedangkan pemerintah berkewajiban membiayai atau menfasilitasinya ketentuan tersebut diatur dalam … … ….
a.       Undang – undang
b.      Undang – undang Dasar
c.       Peraturan Pemerintah
d.      Keputusan Menteri
23.  Lembaga yang berwenang membuat rancangan peraturan untuk daerah propinsi adalah … … ….
a.       Gubernur berdasarkan masukan dari DPRD tingkat Propinsi
b.      Gubernur dan DPRD Propinsi berdasarkan peraturan Pemerintah Pusat
c.       Gubernur dan DPRD  Propinsi berdasarkan masukan Bupati / Walikota
d.      Gubernur dan DPRD Propinsi



24.  Diawal pembelajaran, guru memasang skema tentang struktur Pemerintah Daerah disertai tugas – tugasnya. Penenaman konsep tersebut lebih tepat bila disampaikan dengan cara … … ….
a.       Diskusi kelompok dan presentasi
b.      Diskusi kelompok dan bermain peran
c.       Tanya jawab dan bermain peran
d.      Diskusi, Tanya jawab, dan simulasi
25.  Rumusan dasra Negara yang berbunyi “ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk - pemeluknya”. Kata “kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk – pemeluknya pernah menjadi perdebatan para tokoh bangsa”. Rumusan tersebut terdapat pada … … ….
a.       Rumusan tanggal 22 Juni 1945
b.      Rumusan Pidato 1 Juni 1945
c.       Rumusan Pidato 31 Mei 1945
d.      Rumusan Pidati 29 Mei 1945
26.  Dalam tujuan pembelajaran Pkn diharapkan siswa dapat menerapkan nilai – nilai kejujuran. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menanamkan kejujuran lewat contoh – contoh kejujuran. Untuk melakukan evaluasi yang sesuai dengan tujuan dibuat pertanyaan … … ….
a.       Bagaimanakah sikapmu jika ada dompet tertinggal di kelasmu ?
b.      Bagaimanakah sikapmu jika ada anak yang berbohong ?
c.       Bagaimanakah pendapatmu jika anak yang suka berbohong ?
d.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang pengertian kejujuran ?
27.  Guru dalam membuat RPP mencantumkan aspek efektif untuk menanamkan sikap nasonalisme dan instrument berupa lembar pengamatan. Dalam kehidupan sehari – hari di sekolah, sikap nasionalisme belum begitu terlihat. Maka yang dilakukan guru sebelum pembelajaran adalah … … ….
a.       Mengakhiri pelajaran dengan yel –yel merdeka
b.      Memulai pelajaran dengan hormat bendera merah putih
c.       Setiap awal pelajaran selalu dimulai dengan doa untuk kesejahteraan bangsa
d.      Pesan moral pada akhir pelajaran supaya mencintai Negara Indonesia
28.  Dalam indicator dinyatakan “siswa dapat menerapkan norma yang berlaku di lingkungannya”. Pada saat pembelajaran sudah ditanamkan tentang konsep norma dan penerapannya. Rumusan tujuan yang sesua adalah … … …
a.       Melalui penjelasan guru siswa dapat menerpakan norma dalam keluarga dengan baik
b.      Melalui bermain peran, siswa dapat menjelaskan norma dalam keluarga dengan baik
c.       Melalui bermain peran, siswa dapat menerapkan norma dalam keluarga dengan baik
d.      Melalui diskusi, siswa dapat menerapkan norma dalam keluarga denga baik




29.  Guru di sekolah selalu menempel aturan regu kerja atau piket kelas untuk anak – anak. Setiap hari Pak Guru selalu mengecek petugas supaya mentaati peraturan yang telah dibuatnya. Ali seorang siswa kelas III Sekolah Dasar tidak mau membersihkan kelasnya walau hari itu ia peket. Maka tindakan guru adalah … … ….
a.       Mengingatkan supaya tidak mengulangi perbuatannya
b.      Member sanksi sesuai dengan kesepakatan bersama
c.       Member sanksi sesuai tata tertib yang dibuat di sekolah
d.      Memanggil orang tuanuntuk dating ke sekolah.
30.  Pada umumnya prinsip kediktatoran sebagai lawan prinsip demokrasi. Prinsip kediktatoran adalah pemusatan kekuasaan, sedangkan Indonesia tidak menganut sistem kediktatoran tetapi prinsip demokrasi yang ditujukan dengan .. … ….
a.       Adanya MPR sebagai lembaga tertinggi Negara
b.      Pembagian kekuasaan antara legislatif dan eksklusif
c.       Pemisahan kekuasaan lembaga yudikatif dan eksekutif
d.      Presiden sebagai lembaga penyelenggara pemerintah tertinggi.
31.  Pemilu adalah saran demokrasi rakyat Indonesia apabila UU Pemilu terdapat sebagian pasal yang bertentangan dengan pasal 28 UUD 1945, maka lembaga yang berwenang melakukan uji materi adalah … … ….
a.       MA
b.      MK
c.       KY
d.      DPR
32.  Pemekaran dari satu kelurahan menjadi dua kelurahan atau lebih, diatur sesuai PP no. 73 tahun 2005 yaitu harus memenuhi persyaratan tertentu. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya telah menyelenggarakan pemerintahan selama minimal … … ….
a.       5 tahun
b.      6 tahun
c.       7 tahun
d.      8 tahun
33.  Emansipasi wanita membawa dampak positif dalam peranan wanita diduinia politik. Akhir – akhir ini UU Pemilu member syarat pada tiap partai politik peserta Pemilu memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang – kurangnya … … …..
a.       20%
b.      30%
c.       40%
d.      50%
34.  Siswa SD mulai kelas IV sudah dikenalkan pemerintahan daerah agar ada pemahaman peduli lingkungan yang terkait degnan keanggotaan legislatif. Menurut UU No. 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPRD, jumlah keanggotaan DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten / Kota … … ….



a.       DPRD Propinsi 25-100, DPRD Kabupaten / Kota 15-50
b.      DPRD Propinsi 35-100, DPRD Kabupaten / Kota 20-50
c.       DPRD Propinsi 40-100. DPRD Kabupaten / Kota 25-50
d.      DPRD Propinsi 50-100, DPRD Kabupaten / Kota 30-50
35.  Dalam setiap upacara disekolah selalu dibacakan pembukaan UUD 1945, pada alenia ke 4 terdapat tujuan Negara, Prinsip politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Contoh dari perwujudan politik luar negeri Indonesia yang aktif adalah … … ….
a.       Ikut membantu perdamaian dunia
b.      Menjadi anggota PBB
c.       Selalu aktif memerangi terorisme
d.      Selalu menjalin hubungan khusus kawasan Asia
36.  Sejak memasuki era reformasi, ada wacana ingin merubah pancasila sebagai dasar Negara dengan ideologi lain. Maka MPR segera membuat ketetapan yang isinya penegasan kembali Pancasila sebagai dasar Negara. Hal itu diatur  pada … … ….
a.       TAP MPR no. XVII/MPR/1998
b.      TAP MPR no. III/MPR/2000
c.       TAP MPR no. I/MPR/2003
d.      TAP MPR no. XVII/MPR/1998
37.  Pancasila sebagai ideology nasional mempunyai 2 fungsi yaitu sebagai cita – cita dan pemersatu masyarakat. Program pemerintah tentang PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) adalah wujud dari ideology Pancasila khususnya sila k 5 yaitu … … ….
a.       Pemerataan kesempatan kerja
b.      Pemersatu masyarakat
c.       Mewujudkan cita – cita bangsa
d.      Jaminan hak asasi manusia
38.  Perwujudan sila ke 5 Pancasila diantaranya penyusunan UU tentang Badan penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan sila k 5 dan ketentuan yang terdapat pada UUD 1945 khususnya pasal … … ….
a.       31 tentang pendidikan
b.      32 tentang anak – anak terlantar
c.       33 tentang perekonomian
d.      34 tentang fakir miskin
39.  Bentuk Negara “kesatuan” Republik Indonesia merupakan pilihan bagi bangsaindonesia, bukan bentk Negara serikat. Hal yang perlu ditanamkan pada siswa SD dengan konsep NKRI adalah … … ….
a.       Pemrintah Daerah dibawah pemerintah pusat
b.      Pemimpin Negara adalah presiden
c.       Di dalam Negara tidak ada Negara
d.      Negara memili kedaualatan
40.  Media televise selalu dibanjiri dengan iklan produk luar negeri. Sebagai seorang guru PKn perlu menanamkan sikap nasionalisme pada siswa. Salah satu bentuk menifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari – hari diwujudkan dengan cara … … …..
a.       Meng utamakan produk dalam negeri
b.      Kebanggaan terhadap pendidikan dalam negeri
c.       Apatis terhadap kebudayaan asing
d.      Mencintai produk dalam negeri
41.  Bu Ida akan menjelaskan konsep volume limas di kelasnya. Media pembelajaran yang paling tepat digunakan Bu Ida adalah … … ….
a.       Kerucut dan tabung dengan luas dan tingginya sama
b.      Limas segi tiga dan silinder dengan tinggi yang sama
c.       Limas segi empat dan balok dengan tinggi yang sama
d.      Limas dan prisma segi tiga dengan alas yang kongruen dan tingginya sama
42.  Dalam suatu tes Pak Amir memberikan soal hitung campuran sebagai berikut. Hasil dari 30 – 6 : 12 x 2 + 10 = …
Berdasrkan soal tersebut, Adi memberikan jawaban 39, Betty memberikan jawaban 19, Candra member jawaban 14 dan Dony member jawaban 11. Dari keempat jawaban siswa tersebut jawab yang benar adalah jawaban dari … … ….
a.       Adi
b.      Betty
c.       Candra
d.      Dony
43.  Seorang guru menjelaskan tentang sifat komutatif dan distributif perkalian terhadap penjumlahan. Salah satu contoh soal yang diberikan guru tersebtu adalah (183 x 94) + (450 x 56) (94 x 267). Berdasarkan penjelasan guru contoh tersebut dapat diubah menjadi … … ….
a.       94 x 50
b.      150 x 450
c.       150 x 544
d.      450 x 544
44.  Pecahan berikut yang terletak diantara   dan  adalah … … ….
a.      
b.     
c.      
d.     





45.  Seorang karyawan suatu perusahaan menggunakan  bagian gajinya untuk cadangan biaya kesehatan,  bagian untuk tabungan dan  bagian untuk biaya sekolah anak – anaknya. Sedangkan  sisanya unutk biaya hidup. Bila gaji karyawan tersebut tiap bulannya Rp 1.500.500,00 maka berapa rupiah yang di gunakan unutk biaya hidup… ….
a.       Rp  8875.000,00
b.      Rp 900.000,00
c.       Rp 925.000,00
d.      Rp 950.000,00
46.  Pada saat mengajar matematika di kelas IV SD. Bu Ani melakukan apersepsi dengan cara mengnulang kembali materi lawan dari suatu bilangan. Topik yang akan diajarkan Bu Ani adalah … … ….
a.       Penjumlahan pada bilangan bulat
b.      Pengurangan pada bilangan bulat
c.       Perkalian pada pecahan
d.      Pembagian pada pecahan
47.  Jika 16 pekrja dapat menyelesaikan suatu tugas dalam 30 hari, maka 24 pekerja dapat menyelesaikan tugas itu dalam … hari.
a.       15
b.      20
c.       24
d.      45
48.  Hasil dari 1 + 3 + 5 + … + 49 =…
a.       625
b.      650
c.       675
d.      700
49.  Jumlah dua bilangan m dan n adalah 37. Jika m dibagi n menghasilkan 3 dan sisa 5, maka nilai m dan n secara berturut –turut adalah … … ….
a.       26 dan 11
b.      28 dan 9
c.       29 dan 8
d.      30 dan 7
50.  Dari pernyataan berikut ini, manakah yang menyatakan belah ketupat … … ….
a.       Segi empat yang sisi – sisi behadapannya sejajar dan sama panjang
b.      Segi empat yang sepasang sudut berhadapannya sama besar dan diagonal – diagonalnya sama panjang
c.       Segi empat yang sudut – sudut berhadapannya sama besar dan diagonal – diagonalnya saling berpotong di tengah – tengah
d.      Segi empat yang sisi – sisi berhadapannya sejajar dan dua sisi berturutan sama panjang



51.  Perhatikan gambar di bawah ini.
                                             D                            C



                                  A                                B
                                 
Segi empat ABCD pada gambar diatas adalah jajar genjang dengan diagonal – diagonalnya AC dan BD. Jika ukuran      BDC = 45o dan ukuran       BAD = 55o, maka ukuran        CBD = …
a.       45o
b.      55o
c.       80o
d.      85o
52.  Pak Budi menjelaskan konsep perkalian kepada siswa kelas dau dengan peragaan sebagai berikut.
1)      Pak Budi menggunakan gambar tiga ekor sapi
2)      Banyak kepala satu ekor sapi ada 1, sehingga banya kepala tiga ekor sapi adalah 3 x 1
3)      Banyak telinga satu ekor sapi ada 2, sehingga banyak telinga tiga ekor sapi adalah 3 x 2
4)      Banyak kaki satu ekor sapi ada 4, sehingga banya kaki tiga ekor sapi adalah 3 x 4
Peragaan yang dilakukan oleh Pak Budi dalam pembelajaran matematika termasuk dalam tahapan
a.       Konkrit
b.      Semikonkrit
c.       Abstrak
d.      Simbolik
53.  Pak Ahmad akan mengajarkan materi penjumlahan bilangan bulat yang salah satu atau kedua sukunya negative. Media pembelajaran yang tepat digunakan Pak Ahmad adalah … … ….
a.       Kartu domino
b.      Dakon bilangan
c.       Manic – manic atau muatan
54.  Ketika mengajar dikelas, Bu Aminah melakukan peragaan sebagai berikut.
1)      Menyediakan enam buah persegi panjang yang kongruen
2)      Memotong setiap persegi panjang tersebut menjadi tiga bagian yang sama besar (kongruen)
3)      Menggabungkan setiap dua buah sepertigaaan menjadi sebuah duapertigaan
4)      Meminta siswa untuk menghitung banyaknya dua pertigaan yang terbentuk




            Berdasarkan peragaan di atas, Bu Aminah akan mengajarkan bentuk operasi hitung …
a.       6 :  = 9
b.      9 :  = 27
c.       9 :  =
d.      9 x  = 6
55.  Menurut Bruner, salah satu prinsip yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah prinsip kekontrasan. Contoh prinsip kekontrasan yaitu … … ….
a.       Pada saat mengajar segitiga, guru memberikan contoh – contoh segi tiga dengan berbagai ukuran
b.      Pada saat mengajar Faktor Persekutuan Terbesar (FPB), guru menggunakan metode pemfaktoran dan metode faktorisasi bilangan prima
c.       Pada saat mengajar perkalian, guru menggunakan konsep penjumlahan berulang
d.      Pada saat mengajar bilangan prima, guru memberikan contoh – contoh bilangan yang meupakan prima dan bukan bilangan prima.
56.  Dika naik sepeda dari Yogya ke Solo yang berjarak 65km dengan kecepatan rata – rata 30 km/jm. Sedangkan Eka, bersepeda dari kota yang sama dengan kecepatan 25 km/jm. Mereka berangkat pada waktu yang sama dan setelah menempuh perjalanan selama 2 jm, Dita beristirahat sambil menuggu Eka. Waktu yang diperlukan Dita menuggu Eka adalah … … ….
a.       5 menit
b.      10 menit
c.       20 menit
d.      24 menit
57.  Perhatikan gambar di bawah ini.
       D                              C






                 A                                 B
Segi empat ABCD pada gambar diatas adalah persegi panjang dengan AB =16 cm dan BC = 12 cm. luas daerah yang di arsir adalah … sm2
a.       24
b.      48
c.       96
d.      192



58.  Dala silabus IPA SD tertulis SK memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara menggunakan benda bedasarkan sifatnya. Dalam RPP gur merumuskan indikator “mengidentifikasi sifat benda padat , cair dan gas”. Tujuan pembelajaran yang sesuai adalah … … ….
a.       Setelah melakukan pengamatan dan percobaan, siswa dapat menerangkan benda padat, cair dan gas dengan benar.
b.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat menjelaskan sifat benda padat, cair dan gas
c.       Setelah melakukan pengamatan dan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi sifat sifat benda padat, cair dan gas
d.      Setelah melakukan pengamatan dan percobaan, siswa dapat mendemonstrasikan sifat benda padat, cair dan gas
59.  Ibu Ati melaksanakan pembelajaran IPA dengan materi pokok cirri – cirri hewan vertebrata. Setelah melakukan apersepsi, Bu Ati memulai kegiatan ini dengan menjelaskan materi tersebut sesekali member kesempatan kepada siswa untk bertanya atau berpendapat. Pembelajaran tersebut terkesan siswa kurang aktif. Kelemahan yang dilakukan guru dalam pembelajaran tersebut adalah … … ….
a.       Tidak menggunakan dan mengembangkan keterampilan proses
b.      Tidak melakukan perencanaan dan penguasaan bahan dengan baik
c.       Tidak menyiapkan dan menggunakan multi media yag sesuai dengan materi
d.      Kurang memperhatika dan mendorong aktivitas siswa – siswanya
60.  Ketika pembelajaran materi tentang kemagnetan. Guru kelas IV membagi siswa yang berjumlah 36 orang ke dalam 6 kelompok. Masing – masing kelompok melakukan percobaan yang sama. Pernyataan yang sesua dengan kegiatan pembelajaran merupakan penggabungan antara … … ….
a.       Metode eksperimen dan model kooperatif
b.      Metode demonstrasi dan model kontekstual
c.       Metode eksperimen dan model problem based learning
d.      Metode demonstrasi dan model kooperatif
61.  Sebagai seorang guru yang professional, ibu Suti akan melakukan penilaian pada siswa yang sedang melakukan proses pembelajaran IPA tersebut, Bu Siti harus menggunakan assesmen yang sesuai. Hubungan yang benar adalah … … ….
a.       Soal test untuk menilai kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.
b.      Skala sikap digunakan afektif dan kognitif, sedangkan soal test kerja untuk menilai psikomotor.
c.       Pengamatan unjuk kerja digunakan untuk menilai afektif, sedangkan test uraian digunakan untuk psikomotor dan kognitif
d.      Skala sikap untuk menilai kemampuan afektif, pengamatan unjuk kerja untuk menilai psikomotor




62.  Laju fotosintesis dipengaruhi oleh faktor luar dan dalam. Faktor dibwah ini yang tidak mempengaruhi laju fotosintesis adalah … … ….
a.       Kelembaban udara
b.      Ketersediaan air dan karbondioksida
c.       Kecepatan transpirasi
d.      Intensitas cahaya matahari
63.  Dalam sebuah  kegiatan praktik IPA mengadakan pengukuran terhadap besaran – besaran listrik. Berikut adalah nama alat ukur dan besaran yang diukur … … ….
a.       Ohmmeter – hambatan listrik
b.      Amperemeter – potensial listrik
c.       Voltmeter – kuat arus listrik
d.      Galvanometer – daya
64.  Sifat suatu benda dapat berubah karena berbagai faktor. Dari berbagai faktor yang dapat mengubah sifat benda adalah … … …
a.       Pemanasan, pendinginan dan pengasapan
b.      Pemanasan, pembakaran dan berada dalam udara terbuka
c.       Pemanasan, pembakaran dan pengasapan
d.      Pemanasan, berada dalam udara terbuka dan pendinginan
65.  Perhatikan gambar berikut




Sebuah pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi air , maka pensil tersebut terlihat patah. Hal ini menunjukkan peristiwa … … ….
a.       Pembiasan, cahaya dating dari zat yang rapat menuju zat yang kurang rapat
b.      Pemantulan, cahaya memantul oleh permukaan air
c.       Pembiasan, cahaya dating dari zat yang kurang rapat menuju zat yang rapat
d.      Pembiasan, cahaya datna dari air menuju udara.
66.  Sebuah lampu yang menyala dalam rumah memiliki tegangan (V) sebesar 50 Volt dengan hambatan (R) 20 Ohm. Kuat arus yang diperlukan adalah … … ….
a.       0,5 Ampere
b.      2 Ampere
c.       1200 Ampere
d.      1 Ampere







67.  Perhatikan gambar dibawah ini. Terdapat empat gaya yang terjadi pada kegiatan yang dilakukan Ibu Ina yaitu … … ….





                                                           
a.       Gaya tarik, gaya angkat, gaya gravitasi, gaya gesek
b.      Gaya tarik, gaya berat, gaya gravitasi, gaya gesek
c.       Gaya tarrik, gaya angkat, gaya gravitasi, gaya dorong
d.      Gaya putar, gaya tarik, gaya gravitasi, gaya gesek
68.  Sebuah drum berisi minyak  bagian. Kemudian, dari drum itu diambil minyak sebanyak 15 liter, ternyata isi drum itu tinggal  bagian. Agar isi drum ittttu menjadi penuh, maka drum itu harus dituang minyak sebanyak …. …. Liter
a.       22,5
b.      24
c.       36
d.      48
69. 
         10 %


15 %     0 %

   10%

Perhatikan diagram lingkaran di bawah ini
                                                                                      Tenis meja

                                 Bola Voli



                                                                                                     Sepak bola


                                   Renang


                                                                                            Pencak silat
           
Banyaknya siswa yang genar olahraga di suatu sekolah d tunjukkan oleh diagram lingkaran di atas. Diketahui jumlah siswa yang gemar tenis meja dan pencak silat sebanyak 28 anak. Banyaknya siswa yang gemar bola voli sebanyak …  anak
a.       14
b.      21
c.       35
d.      56



70.  Nilai matematika siswa ditentukan dari rata –rata 4 kali ulangan matematika yang diberikan gurunya. Berdasarkan 3 kali ulangan sebelumnya, nilai rata – rata yang diperoleh Ani sama dengan 5,5. Agar mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) kelas tersebut yaitu 6,0 nilai Ani pada ulangan ke-4 paling sedikit adalah … …
a.       6,5
b.      7
c.       7,5
d.      8
71.  Untuk tumbuh dan perkembangan, tumbuhan memerlukan berbagai nutrisi yang diperoleh dari hasil asimilasi dan transportasi. Hasil asimilasi dan transportasi dilakukan oleh pembuluh angkut yang berbeda yaitu … … ….
a.       Pembuluh kayu dan pembuluh palisade
b.      Pembuluh kayu dan pembuluh tapis
c.       Pembuluh kayu dan pembuluh stele
d.      Pembuluh tapis dan pembuluh stele
72.  Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap hidup manusia. Untuk itumanusia harus mengupayakan kondisi lingkungan baik. Salah satu usaha untuk mengondisikan lengkungan menjadi bermanfaat dan mengurangi resiko lingkungan adalah … … ….
a.       Usaha pemerintah dalam memanfaatkan kawasan industry di daerah pinggiran kota
b.      Menata kawasan pertanian dengan tumbuhan sejenis
c.       Bercocok tanam dengan sistem
d.      Penganekaragaman cara bercocok tanam
73.  Berikut adalah macam – macam gangguan pencemaran : 1. Apendiktis, 2. Diare, 3. Konstipasi, 4. Maag, 5. Kolik, 6. Parotitis. Yang termasuk gangguan pencernaan yang disebabkan karena bakteri dan virus adalah … … …
a.       1, 2, 3,
b.      1, 4, 6,
c.       1, 2, 6
d.      1, 3, 5.
74.  Tuberculosis adalah penyakit yang menyerang alveolus yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menghambat proses difusi oksigen dengan karbindioksida. Untuk mencegah penyakit ini dapat di imunisasi dengan vaksin . . . .
a.       BCG
b.      TBC
c.       DDT
d.      MMR




75.  Berdasarkan tingkat perkembangan lapisan tubuhnya, invertebrata dibedakan menjadi diploblastik dan triploblastik. Yang termasuk dalam hewan invertebrate yang memiliki 2 lapisan tubuh (diploblastik) adalah . . . .
a.       Molusca dan Porifera
b.      Platyhelmintes dan Coelenterata
c.       Porifera dan Coelenterata
d.      Anelida dan Protozoa
76.  Perhatikan gambar berikut.

LOGAM  I
 LOGAM  II

Dua buah logam berbeda jenisnya dilekatkan dengan erat. Koefisien muai panjang logam I lebih kecil daripada koefisien muai panjang logam II. Jika kedua logam tersebutdidinginkan. Prediksi perubahan yang terjadi adalah … … ….
a.       Logam I dan logam II melengkung ke atas
b.      Logam I akan lebih pendek dibanding logam II
c.       Logam I dan logam II melengkung kebawah
d.      Logam II akan lebih pendek disbanding logam I
77.  Berapa kalor yang dilepaskan oleh 10 kg minyak tanah jika suhunya turun dari 800 C menjadi 400C bila kalor jenis minyak tanah 2200 J kg-1C-1 ?
a.        - 880.000 joule
b.      - 88.000 joule
c.       88.000 joule
d.      880.000 joules
78.  Delapan planet yang ada dalam galaksi bima sakti dapat dibedakan menjadi planet Jovian dan Terstrial. Planet yang termasuk kedalam kelompok planet Jovian adalah … ...
a.       Jupiter, Uranus, Neptunus
b.      Markurius, Bumi, Mars, Yupiter
c.       Markurius, Venus, Bumi
d.      Mars, Bumi, Uranus
79.  Ada empat teori yang menjelaskan tentang terjadinya tata surya. Salah satu diantaranya menjelaskan bahwa pada dasarnya tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu. Dasar pemikiran itu didukung dengan banyaknya gumpan awan. Lebih dari milyar tahun yang lalu, salah satu gumpalan awan tersebut mengalami pemampatan. Teori tersebut dikenal dengan teori … … ….
a.       Bintang Kembar
b.      Nebular
c.       Proto Planet
d.      Planetesimal


80.  Menurut komposisi dari jenis materialnya bumi dapat dibagi menjadi beberapa lapisan … … ….
a.       Atmosfer, Litosfer, Hidrosfer
b.      Luar Tengah, Inti
c.       Atmosfer, Kulit, Inti
d.      Kerak bumi, Mantel bumi, Inti bumi
81.  Manusia menciptakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengolah tanah dan menggali tambang yang ada di bumi. Hal ini berarti manusia dapat memanfaatkan lingkungan alam dengan tujuan untuk … … ….
a.       Mengembangkan alam semesta
b.      Meningkatkan lingkungan alam
c.       Menunjukkan bahwa manusia mampu menguasai alam
d.      Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia
82.  Suatu daerah yang memiliki kondisi fisik, dataran rendah, tanahnya subur, musim kemarau kering. Jika dikaitkan dengan keadaan iklim, maka para petani daerah tersebut perlu memperhatikan … … ….
a.       Perubahan pola tanam
b.      Ragam tanaman
c.       Pengembangan jenis tanaman
d.      Awal musim tanam
83.  Di Laut Merah terdapat banyak kadar garamnya, sedangkan di laut yang lain tidak. Perbedaan banyak sedikitnya garam laut ditentukan oleh … … ….
a.       Banyak sedikitnya penguapan dan penambahan air
b.      Banyak sedikitnya jumlah sinar matahari yang diterima oleh laut
c.       Kedalaman dan gelombang laut
d.      Kedudukan matahari dan kedalaman laut
84.  Masalah – masalah social diawali adanya gejala – gejala yang memicu terjadinya masalah. Contoh gejala social yang menggambarkan adanya hubungan antara norma dengan keteraturan sosial adalah … … ….
a.       Larangan berhenti di jalan raya menciptakan kelancaran lalu lintas
b.      Rajin bekerja meningkatkan tingkat ekonomi
c.       Semakin tinggi ilmu pengetahuan semakin luas pandangannya
d.      Kedisiplinan dalam belajar memperkuat kepribadian suka kerja keras
85.  Pada era globalisasi Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting yaitu memajukan perdamaian dan stabilitas keamanan di Asia Tenggara. Tujuan di atas merupakan tujuan dari organisasi internasional yaitu … … ….
a.       UNESCO
b.      APEC
c.       ASEAN
d.      PBB


86.  Proklamasi kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dan pada tahun 1997 terjadi peristiwa reformasi di Indonesia. Pernyataan di atas termasuk … … ….
a.       Teori
b.      Prinsip
c.       Konsep
d.      Generalisasi
87.  Generalisasi adalah keterkaitan antara beberapa konsep yang mempunyai arti dan telah teruji kebenarannya. Contoh generalisasi dalam IPS pada konsep geografi adalah … ….
a.       Took serba ada menjual segala jenis makanan yang dibutuhkan konsumen
b.      Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dimanfaatkan, tidak memiliki makna bagi kehidupan manusia
c.       Di Negara – Negara kapitalis, pasar merupakan pengatur penawaran dan permintaan
d.      Pabila terjadi penebangan hutan secara liar, akan mengakibatkan tanh longsor
88.  Kenampakan alam yang ada diberbagai daerah berbeda. Kenampakan alam itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain disebabkan oleh tenaga … … ….
a.       Endogen dan Vulkanik
b.      Vulkanik dan tektonik
c.       Tektonik dan endogen
d.      Endogen dan eksogen
89.  Pak Ahmad tinggal didaerah pantai yang mata pencahariannya adalah nelayan. Pak Budi tinggalnya di daerah tinggi yang mata pencahariannya adalah petani sayur. Pak Agus tinggal di dataran rendah yang mata pencahariannya adalah petani. Kesemuanya itu dapat dikatakan bahwa manusia hidup dalam memenuhi kebutuhannya sesuai dengan … … ….
a.       Keadaan lingkungan alamnya
b.      Lingkungan masyarakat
c.       Keterampilan yang dimilikinya
d.      Modal yang digunakannya
90.  Dalam suatu keluarga ada anggota keluarga yang selalu menyetrika baju yang akan dipakai setiap hari dan ada juga yang menyetrika setiap satu minggu sekali. Berdasarkan dua kegiatan itu, tindakan yang dapat menghemat Sumber Daya Alam adalah … … ….
a.       Menyetrika sesuai dengan kebutuhan
b.      Setiap hari mennyetrika karena hanya sebentar
c.       Menggunakan listrik secararutin
d.      Menyetrika satu minggu sekali
91.  Setiap hari bu Siti akan mengajar IPS dengan menggunakan media pembelajaran IPS. Oleh karena itu, bu Siti harus memahami prinsip – prinsip penggunaan media. Salah satu prinsip tersebut adalah … … ….
a.       Manfaat media
b.      Kemampuan mengoprasikan media
c.       Tujuan yang akan dicapai
d.      Dapat menambahkan kepekaan sosial

92.  Pak Amin, guru kelas IV SD, ingin menyampaikan materi tentang kenampakan alam propinsi setempat. Media yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah peta … … ….
a.       Indonesia
b.      Globe
c.       Propinsi
d.      Kabupaten/kota
93.  Di dalam melakukan penilaian pembelajaran IPS guru harus adil, terncana, berkesinambungan, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan menggunakan criteria yang jelas. Hal tersebut merupakan prinsip … … ….
a.       Validitas
b.      Reliabilitas
c.       Objektivitas
d.      Mendidik
94.  Pak Budi guru kelas IV SD, akan mengajar IPS tentang masalah – masalah yang ada di lingkungan setempat dengan model pembelajaran kooperati. Pak Budi ingin menilai bagaimana siswa menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat temannya dalam diskusi tersebut. Penilaian yang dilakukan pak Budi adalah penlaian … … ….
a.       Produk belajar
b.      Hasil belajar
c.       Proses belajar
d.      Prestasi belajar
95.  Setelah proses pembelajaran tentang pasar, seorang guru melakukan penilaian untuk mengetahui apakah peserta didik sudah mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan atau belum. Tes yang dilakukan guru tersebut adalah tes … … ….
a.       Subyektif
b.      Formatif
c.       Sumatif
d.      Diagnostic


Artikel yang berkaitan



1 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
  1. maaf, mas punya kunci jawaban atau jawaban menurut perkiraan sendiri ada gak?

    BalasHapus

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatu. Selamat Datang di Blog SRIADY FAISAL, Ingat beri komentar, Terima kasih