Minggu, 11 November 2012

Pengertian dan Ciri Model Pembelajaran


Paradigma baru dalam pendidikan:
  1. Pendidikan lebih menekankan pada proses pembelajaran dari pada pengajaran.
  2. Pendidikan diorganisir dalam suatu struktur yang fleksibel
  3. Pendidikan memperlakukan peserta didik sebagai individu yang memiliki karakteristik khusus dan mandiri.
  4. Pendidikan merupakan proses yang berkesinambungan dan senantiasa berinteraksi dengan lingkungan.
Soedjadi (1999;101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah satu keadaan pembelajaran kini menjadi keadaan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengubah keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan. Dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu metode, dan dalam satu metode dapat digunakan lebih dari satu teknik.

               




            Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian:

MODEL

STRATEGI

PENDEKATAN

METODE

TEKNIK
Keterangan :

Model adalah:
·           Pola (contoh, Acuan, Ragam dsb ) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan.
Strategi adalah:
·         Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Pendekatan adalah:
·         Proses, Perbuatan, cara mendekati (hendak berdamai, bersahabat dsb ).
Metode adalah:
·         Cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Teknik adalah:
·         Cara sistematis mengerjakan sesuatu.
Ciri-ciri Model pembelajaran:
  1. Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh penciptanya.
  2. Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
  3. Tingkahlaku mengajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai.
  4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai.

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatu. Selamat Datang di Blog SRIADY FAISAL, Ingat beri komentar, Terima kasih