Kamis, 08 November 2012

Sayyidina Ali Tidak Pernah Mengucapkan Salam kepada Umar Bin Khattab. ra


Sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak pernah memberikan salam kepada Umar bin Khattab dalam setiap mereka berpapasan, sehingga Umar bin Khattab lah yang akhirnya harus mengucapkan salam itu terlebih dahulu. Logikanya Ali sebagai orang yang lebih muda, dialah yang seharusnya lebih dulu mengucapkan salam.
Apa yang dirasakan janggal oleh Umar bin Khattab terhadap kebiasaan Ali bin Abi Thalib ini akhirnya memaksanya untuk mengadukan permasalah ini kepada Rasulullah Saw.
"Ya, Rasulullah, Ali bin Abi Thalib tidak pernah memulai mengucapkan salam kepadaku ..." Demikian pengaduan Umar bin Khattab kepada Rasulullah saw. Rasulullah lalu menanyakan hal itu kepada Ali bin Abi Thalib.
"Benarkah demikian, Wahai Ali?"
"Benar, ya Rasullallah ..!!" Ali bin Abi Thalib membenarkan pengaduan Umar bin Khatab itu. Namun tanpa disangka-sangka, Ali kemudian mengemukakan alasannya sebagai pembelaan diri atas apa yang telah dilakukannya.
"Ya, Rasulullah, itu kulakukan karena aku ingin supaya Umar bin Khattab bisa mendapatkan istana di Surga! Seperti yang disabdakan olehmu, ya Rasulullah. Bahwa siapa yang mendahului saudaranya mengucapkan salam, Allah akan mendirikan istana baginya di Surga. "

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatu. Selamat Datang di Blog SRIADY FAISAL, Ingat beri komentar, Terima kasih