Paradigma baru dalam pendidikan:
- Pendidikan lebih menekankan pada proses
pembelajaran dari pada pengajaran.
- Pendidikan diorganisir dalam suatu struktur
yang fleksibel
- Pendidikan memperlakukan peserta didik
sebagai individu yang memiliki karakteristik khusus dan mandiri.
- Pendidikan merupakan proses yang berkesinambungan dan senantiasa berinteraksi dengan lingkungan.
Soedjadi (1999;101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan
pembelajaran yang bertujuan mengubah satu keadaan pembelajaran kini menjadi
keadaan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengubah keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan. Dalam satu pendekatan
dapat dilakukan lebih dari satu metode, dan dalam satu metode dapat
digunakan lebih dari satu teknik.
Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian:
MODEL
STRATEGI
PENDEKATAN
METODE
TEKNIK
|
Keterangan :
Model adalah:
·
Pola (contoh, Acuan, Ragam dsb )
dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan.
Strategi adalah:
·
Rencana yang cermat mengenai kegiatan
untuk mencapai sasaran khusus.
Pendekatan adalah:
·
Proses, Perbuatan, cara mendekati
(hendak berdamai, bersahabat dsb ).
Metode adalah:
·
Cara kerja yang bersistem untuk
memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Teknik adalah:
·
Cara sistematis mengerjakan sesuatu.
Ciri-ciri Model
pembelajaran:
- Rasional teoritik yang logis yang disusun
oleh penciptanya.
- Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
- Tingkahlaku mengajar yang diperlukan agar
tujuan pembelajaran tercapai.
- Lingkungan belajar yang diperlukan agar
tujuan pembelajaran tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar